Anak anak belajar dengan mengamati orang dewasa. Hal ini dapat menjadi masalah ketika kita menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Misalkan ketika anak melihat kita menggunakan alat-alat listrik dan ia ingin melakukan hal yang sama. Ini beberapa Tips menyelesaikan pekerjaan rumah pada saat anak anda berada di rumah.

Ajak anak membantu menyelesaikan pekerjaan rumah sesuai dengan kemampuan sang anak. Jangan paksakan anak apabila anak tidak ingin melakukannya. Buatlah anak anda sibuk dengan melakukan sesuatu yang ia sukai, misalnya bermain. Namun pastikan lingkungan sekitarnya dalam keadaan aman.

  • Menyelesaikan pekerjaan rumah tidak perlu sekaligus. Ibu dapat mengerjakannya secara bertahap, dari membersihkan perlengkapan rumah tangga, memasak, mencuci dan menyetrika. Namun ibu harus ingat untuk tetap pada jalur ya…., walaupun kita dapat pula menggunakan waktu untuk memperhatikan anak dan mengajaknya bermain.
  • Prioritas pekerjaan rumah tangga harus dikerjakan terlebih dahulu, misalnya memasak dan membersihkan perlengkapan rumah tangga sehingga selain menyelesaikan pekerjaan rumah kita juga dapat memperhatikan anak.
  • Menidurkan anak. Cara yang paling aman dan tidak terganggu adalah dengan menidurkan anak sehingga ibu dapat menyelesaikan pekerjaan rumah dengan tenang. Cara menidurkan anak yang paling ampuh adalah membiarkannya lelah. Ketika mereka lelah dan perut mereka kenyang, mereka akan tidur dengan sendirinya.
  • Tips menyelesaikan pekerjaan rumah yang lain adalah memberikan penjelasan atas yang ibu lakukan dalam menggunakan alat-alat elektronik ataupun alat-alat masak serta konsekuensinya. Tunjukkan pada anak bahwa mengikuti aturan penggunaan dengan benar dan setelah selesai membersihkan dan menempatkan kembali perlengkapan rumah tangga tersebut.
  • Tips terakhir dalam menyelesaikan pekerjaan rumah pada saat anak anda berada di rumah adalah “Anda yakin mengetahui dimana anak setiap saat”

sumber : sekeluarga.com

0 komentar :

Post a comment

 
Top