Perlu anda ketahui, bahwasanya InDesign tidak bisa membuka file Indesign dari versi yang lebih baru. Misalnya, anda tak bisa membuka file Indesign CS5 di Indesign CS4 (tapi sebaliknya, anda bisa membuka fila Indesign CS4 di Indesign CS5). 

Pernah suatu ketika saya mencoba membuka file Indesign CS5 di Indesign CS4, ternyata muncul peringatan:

"Missing Plug-ins" and lists some plug-ins. The document '' uses one or more plug-ins which are not currently available on your system. Do you want to open anyway?"

Dan ketika saya klik OK, muncul peringatan kembali:

"Cannot Open File" with another list of plug-ins, followed by the message, "Cannot open '. Please upgrade your plug-ins to their latest versions or upgrade to the latest version of Adobe InDesign."

Nah, lalu bagaimanakah solusinya? Solusinya adalah dengan menyimpan file Indesign menjadi compatible InDesign format. Sejauh ini ada 2 tipe file compatible InDesign format, yaitu INX untuk Indesign CS3 dan versi sebelumnya, serta IDML untuk Indesign CS4 dan versi setelahnya.

Ekport dari Indesign CS5 agar bisa dibuka di Indesign CS4

1. Silahkan pilih File > Export (ctrl + E)
2. Pada pilihan Save as Type, pilih Indesign Markup (IDML)
3. Save



Export dari Indesign CS4 agar bisa dibuka di Indesign CS3

Untuk menyimpan file Indesign CS5 agar bisa dibuka di Indesign CS3, maka format file-nya harus INX, sayangnya, kita tak bisa meng-export langsung file Indesign dari Indesign CS5 menjadi INX. caranya adalah dengan mengexport dahulu file Indesign menjadi IDML (Indesign CS4), baru setelah itu dari CS4, diexport lagi menjadi INX. Barulah setelah itu file bisa dibuka di Indesign CS3.

cara Export-nya adalah sebagai berikut

1. Silahkan pilih File > Export (ctrl + E)
2. Pada pilihan Save as Type, pilih InDesign Interchange file (INX)
3. Save




0 komentar :

Post a Comment

 
Top