Bila mengurangi berat badan merupakan hal mudah, maka tidak akan ada banyak orang yang kelebihan berat badan. Namun pada kenyataannya mengurangi berat badan merupakan hal yang cukup sulit bukan?
Tentu kentang goreng akan lebih nikmat dibandingkan dengan salad, atau ayam lebih gurih dan nikmat kalau digoreng bukan? Di sisi lain, memiliki berat badan yang ideal akan membuat tubuh merasa lebih nyaman dibandingkan dengan kelebihan berat badan. Oleh karena itu ada baiknya kita merubah pola hidup berubah menjadi kebiasaan hidup sehat.

Namun untuk memulainya, pernahkah Anda tersadar sebetulnya banyak sekali kebiasaan-kebiasaan keseharian yang ternyata justru malah membuat tubuh menjadi mudah gemuk. Simak lebih lanjut 10 kebiasaan berikut ini:

Kebiasaan 1 : Buruknya persiapan
Mempersiapkan diri Anda dengan makanan yang sehat seperti sayur, buah, lemak yang sehat dan kabohidrat dengan bahan gandum. Maksud dari mempersiapkan adalah menyediakan bahan-bahan ini di lemari es atau lemari makanan di rumah, serta mempersiapkan bekal dari rumah. Selalu ingat ‘kelemahan’ Anda, bila ‘kelemahan’ Anda adalah makanan dan minuman manis yang kaya akan kalori, siapkanlah buah yang dapat Anda bawa kemana-mana untuk mengkompensasikan rasa manis yang selalu Anda sukai.

Kebiasaan 2 : Tidak mengkonsumsi air secara cukup
Mengkonsumsi air putih membantu mempertahankan kesehatan dari kulit, tulang, hingga ke saluran penceranaan, dan fungsi dari otak. Ada hubungan langsung antara hidrasi dengan penurunan berat badan. Jurnal American Chemical Society menemukan bahwa bila seseorang mengkonsumsi 2 gelas air putih setiap harinya sebelum makan dapat mengurangi berat badan sebanyak 1,5 – 2 kg. Berapa jumlah air yang sebaiknya diminum? Dalam sehari baiknya 1,5 – 2 liter.

Kebiasaan 3 : Tidak mengkonsumsi cukup protein
Orang yang terlalu banyak konsumsi karbohidrat dalam diet kesehariannya akan sulit untuk mengurangi berat badan. Banyak yang merekomendasikan agar ada penambahan protein dalam setiap kali makan. Contohnya adalah protein dengan lemak yang rendah seperti ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, telur, dan kacang.

Kebiasaan 4 : Mengkonsumsi Minuman Berkalori tinggi
Yang dimaksud dengan minuman kalori tinggi adalah minuman kaleng yang manis ataupun softdrink. Gantilah minuman jenis ini dengan air putih, teh, atau kopi tanpa gula. Kurangi juga minuman yang mengandung alkohol,

Kebiasaan 5 : Kurang Tidur
Sebuah studi yang diteliti oleh Case Western Reserve University mengungkapkan bawah wanita diatas usia 16 tahun yang tidur 5 jam atau kurang, memiliki rata-rata berat badan lebih berat 5 kg dibandingkan dengan wanita yang tidur 7 jam atau lebih. Selain itu, kurangnya tidur memicu pengurangan dari jumlah hormon leptin, dan peningkatan hormon ghrelin, dimana proses ini memicu lapar.

Kebiasaan 6 : Tidak sarapan
Sebaiknya dalam 2 jam setelah bangun pagi Anda mengkonsumsi makanan. Sarapan sangatlah penting, mengingat tubuh dapat memulai metabolisme secara cepat yang mempengaruhi proses pembakaran kalori secara lebih baik.

Kebiasaan 7 : Tidak mencatat
Untuk upaya mengurangi berat badan hal lain yang Anda dapat lakukan adalah dengan mencatat semua makanan yang dikonsumsi. Karena dengan melihat catatan, untuk kemudiannya memudahkan Anda untuk dapat mengulas kembali dimana kesalahan Anda.

Kebiasaan 8 : Tidak Olah Raga
Hanya dengan mengendalikan makan saja tidak dapat langsung mengurangi berat badan, serta hasil yang didapat cenderung tidak seimbang dengan kesehatan yang proporsional. Namun dengan olahraga rutin seperti lari, renang dan latihan mengangkat beban, maka dapat terjadi pembakaran kalori dan mempercepat metabolisme tubuh.

Kebiasaan 9 : Mudah menyerah
Motivasi awal adalah hal ihwal untuk Anda memulai. Menjadi rutin kebiasaan adalah hal yang membuat Anda bertahan. Oleh karena itu,  jangan mudah menyerah!!!!

Sumber : Yahoo!She

0 komentar :

Post a Comment

 
Top