Bully tidak hanya terjadi di sekolah, malah banyak juga orang dewasa yang merasakannya di kantor. Entah itu bentuknya perlakuan yang tidak adil, plonco, ancaman, atau tindakan tidak nyaman lainnya.

Jika Anda merasa mendapatkan bully di kantor, setidaknya ada lima cara untuk mengatasinya.

Percaya pada diri sendiri
Kadang terasa sulit menentukan apakah seseorang melakukan bully pada Anda. Namun, jika Anda merasa ada perlakuan orang lain yang tidak benar, coba tanyakan pada diri sendiri dan orang lain. Perilaku bully ini terkadang bisa membuat seseorang meremehkan penilaiannya sendiri.

Katakan langsung
Bully biasanya terus terjadi karena tidak ada yang berani mengungkapkannya. Jadi, jika bully tersebut terus berjalan tanpa ada solusi, coba bicarakan terus terang. Dekati orang tersebut dengan perilaku tenang agar saat Anda bicara pun dia bisa menerimanya dengan serius dan profesional. Hindari membicarakannya di belakang, karena jika ketahuan justru membuat tindakan bully semakin menjadi-jadi.

Simpan catatan
Saat seseorang melakukan tindakan tidak menyenangkan atau setidaknya Anda menduganya seperti itu, buat catatan untuk diri Anda sendiri. Sehingga jika memang diperlukan dan Anda akan melakukan konfrontasi, Anda sudah punya bukti tindakan-tindakan bully orang tersebut.

Jaga Jarak
Sebaiknya jaga jarak sejauh mungkin dengan rekan kerja yang sering melakukan bully kepada Anda, jika memang tidak bisa diatasi langsung. Setidaknya hal ini akan meminimalisir kemungkinan Anda berinteraksi dengannya. Jika memang diperlukan, barulah bicarakan dengan bagian HRD untuk membicarakan permasalahan Anda.

Minta bantuan
Jangan membiarkan diri sendiri dengan menderita dalam diam. Tidak ada salahnya minta dukungan dari orang-orang terdekat, misalnya teman atau keluarga. Minta saran kepada mereka tentang apa yang harus dilakukan, tapi pikirkan matang-matang sebelum Anda melakukan hal tersebut. Intinya adalah jangan biarkan Anda terbebani sendirian, kadang berbicara dengan orang lain juga bisa sedikit meredakan stres akibat bully. (Jobacle/aw)

Sumber : Kabar24

0 komentar :

Post a Comment

 
Top