Saat ini kita sudah memasuki era 4G yang menawarkan kecepatan internet super cepat, namun yang masih menjadi kendala adalah sinyal 4G yang belum merata ke semua tempat. Biasanya seseorang akan melakukan uji kecepatan internet pada ponsel mereka menggunakan bantuan aplikasi Speed Test atau semacamnya, agar dapat mengetahui kecepatan internet di area tertentu.


Google mempunyai tools yang dapat melakukan pengecekan terhadap performa kecepatan akses website Anda secara mobile. Pada Tools tersebut dapat menguji keramahan situs Anda dan kecepatan halaman untuk desktop dan mobile semua dalam satu tempat.

Ada beberapa indikator yang menjadi penilaian pada tools ini, diantaranya :

  1. Mobile-Friendliness : Merupakan salah satu pengujian berdasarkan responsive suatu website jika diakses menggunakan smartphone. Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna yang sudah menggunakan internet untuk mengakses ke suatu website melalui ponsel pintar mereka. 
  2. Mobile Speed : Pengukuran selanjutnya adalah melakukan pengukuran terhadap kecepatan akses untuk website yang diakses melalui mobile, kamu tentunya merasakan jika suatu website mempunyai loading akses website yang sangat lama, maka akan meninggalkan halaman tersebut. 
  3. Desktop Speed : Tidak jauh beda dengan pengukuran sebelumnya, pengukuran dengan indikator kecepatan desktop menjadi penilaian tersendiri untuk suatu website agar dapat diakses dengan sangat cepat


Nah, bagi kita yang berada di South East Asia (Asia Tenggara), khususnya di Indonesia juga menjadi pertimbangan loh, untuk melakukan optimasi terhadap kecepatan Website agar dapat diakses menggunakan perangkat apapun.

Kamu dapat melakukan test kecepatan akses website kamu di https://testmysite.thinkwithgoogle.com



Berikut adalah penampakan hasil test website MomsBuzz pada halaman tersebut :


Menariknya, kamu dapat melihat secara details mengenai permasalahan yang bisa kamu solving berdasarkan saran dari aplikasi ini :

Layanan Pengujian Mobile Site ini menjadi Tools yang bermanfaat bagi pemilik Website/Blog, khususnya Webmaster/Web Developer yang memerlukan Feedback seberapa baik Website/Blog yang mereka kembangkan jika diakses melalui Selular (Mobile Device).

Dan seperti yang  kamu lihat sendiri, Tampilan yang Responsive, Mobile Friendly saja tidak cukup, 
Optimasi Mobile Version memang sangat penting di Era Mobilisasi dan Mobile Device yang semakin berkembang saat ini, karena tidak peduli mau pakai Desktop atau Mobile, mereka tetaplah Pengunjung Website/Blog kita yang sangat berharga.

Bagaimana? Sudah cek kecepatan website kamu? Selamat mencoba! 


Sumber : 

0 komentar :

Post a comment

 
Top