Sepertinya Youtube sudah menjadi satu hiburan tersendiri bagi semua orang termasuk anak-anak. Isinyapun bermacam-macam, mulai dari video yang pantas ditonton oleh anak-anak dan video yang hanya pantas untuk orang dewasa. Namun sayangnya, video-video yang disajikan tidak pandang bulu, apakah yang mengkases itu anak-anak atau dewasa. Di sini dibutuhkan peran aktif kita sebagai orang tua agar konten video yang disajikan oleh Youtube cukup pantas untuk anggota keluarga, minimal tidak terlalu vulgar.

Ada dua cara untuk mengakses halaman Youtube ini, yaitu:
  1. Melalui aplikasi Youtube yang terinstall di perangkat smartphone/tablet. Aplikasi Youtube ini memiliki ikon seperti gambar berikut dan terletak di dalam daftar menu aplikasi smartphone atau tablet.

  2. Melalui browser (aplikasi penjelajah internet) seperti Chrome, Internet Explorer, Opera, Safari dan lain-lain yang terdapat di komputer atau di perangkat smartphone/tablet.
Youtube yang muncul dari aplikasi Youtube dan Youtube yang muncul pada browser itu berbeda. Setting yang kita lakukan di aplikasi Youtube tidak berpengaruh pada Youtube yang kita akses melalui browser. Jadi kita harus melakukan settting di kedua tempat tersebut.

Settings Youtube.
Berikut cara settings Youtube di ke dua sumber tersebut.


A. Aplikasi Youtube
Aplikasi Youtube ini terdapat di semua perangkat smartphone/tablet. Jadi anda harus melakukan settings ke semua perangkat smartphone/tablet yang digunakan oleh anak anda. Ikuti langkah berikut.
  1. Jalankan aplikasi Youtube dengan mengeklik ikon aplikasi Youtube di smartphone/tablet
  2. Klik Sign-in (ikon bergambar orang) untuk masuk ke akun anda (*)
  3. Setelah masuk ke akun anda, klik menu dengan ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas.
  4. Klik Settings
  5. Klik General
  6. Di bagian Restricted Mode, klik tombol ON.
B. Aplikasi Browser.
Aplikasi browser ini terdapat di perangkat komputer atau laptop dan di perangkat smartphone atau tablet. Setting Youtube dari browser smartphone atau tablet, berbeda dari setting Youtube dari browser yang ada di komputer atau laptop. Jadi kita rinci satu-satu.
a. Browser pada smartphone atau tablet.
  1. Jalankan aplikasi browser dari smartphone atau tablet
  2. Ketik Youtube di adrress bar (kotak alamat), kita akan di beri pilihan Aplikasi youtube atau m.yotube.com. Hasil tampilan keduanya bisa dikatakan sama saja. Setting pada keduanya sama dengan setting pada aplikasi Youtube di atas. Karena baik kita pilih aplikasi Youtube ataupun m.youtube.com hasil tampilannya sama saja dengan aplikasi Youtube di atas (bagian A).

b. Browser pada laptop atau komputer
  1. Jalankan aplikasi browser pada laptop.
  2. Ketik youtube di address bar. Kita akan diberi pilihan hasil pencarian. Klik saja Youtube.com. Geser halaman Youtube.com ke posisi paling bawah
  3. Klik bagian Restricted Mode > Klik On > Klik Save. (Lihat gambar berikut).

Setelah klik Save, akan muncul pilihan Lock Restricted Mode on this browser” untuk mengunci agar “Restricted mode” tetap On dan tidak mudah diganti pihak lain



  • Jika kita ingin mengunci pilihan ini, klik Lock Restricted Mode on this browser kita diminta masuk ke akun kita dulu (Sign in). Lihat gambar berikut. Silahkan masuk ke akun anda dengan mengeklik Sign in.

  • Setelah masuk ke akun anda, geser lagi halaman Youtube ke paling bawah. Pilihan “Restricted mode” dalam posisi On dan tidak bisa di klik atau dirubah.
    Jika ingin kembali ke settings sebelumnya, klik Unlock Restricted Mode on this browser seperti gambar berikut dan anda diminta masuk ke akun anda dulu.





  • Jadi settings youtube di browser komputer atau laptop lebih aman karena harus melalui akun Google dulu.
    Settings Search Engine Google (Mesin pencari)
    Ada cukup banyak jenis search engine. Namun kita berikan contoh settings di search engine Google saja yang banyak digunakan.
    A. Settings search engine Google di Komputer/laptop
    Jalankan aplikasi browser. Silahkan gunakan browser apa saja (Chrome, Firefox, Internet explorer, Edge Win 10, Opera dan lain-lain). Yang penting anda masuk ke search engine Google, www.google.com atau www.google.co.id. Setelah masuk ke halaman searh engine Google lihat di bagian paling bawah. Seperti gambar berikut.

    1. Klik Settings
    2. Klik Search settings

    3. Di bagian SearchSafe Filter, centang kotak kosong sebelah “Turn On SafeSearch”
    4. Klik Lock SafeSearch. Anda diminta memasukkan akun Google anda.
    5. Setelah anda masuk (Sign in) ke akun Google anda, anda akan di bawa ke halaman “Lock SafeSearch”. Klik kotak Lock SafeSearch, dan tunggu beberapa saat hingga settings selesai.

    6. Sebagai tanda bahwa SafeSearch telah aktif, di halaman Search engine Google terdapat, gambar bola warna-warni di bagian kanan.. Terakhir klik Save di bagian bawah halaman untuk kembali ke halaman pencarian Google.

    7. Jika anda ingin kembali ke settings sebelumnya, ulangi dari langkah pertama dan ke dua, lalu klik “Unlock Safesearch”. Anda akan diminta masukkan akun Google anda lagi.
    B. Settings Search Engine Google di smartphone atau tablet.
    Settings search engine Google di smartphone/tablet hampir sama dengan di komputer/laptop, istilahnya saja yang agak berbeda.
    Silahkan buka browser di smarthone/tablet dan dan masuk ke search engine Google, www.google.co.id atau www.google.com. Kemudian ikuti caranya seperti gambar berikut:

    1. Geser halaman search engine Google ke paling bawah, kemudian kilik Setiings
    2. Dari jendela pilihan, klik Search Settings
    3. Di bagian SafeSearch Filter, klik “Filter explicit results”
    4. Geser halaman ke bawah, klik Save. Selesai

    Demikian Settings Youtube dan search engine Google di komputer/laptop dan smartphone/tablet agar anak-anak kita terlindungi dari hal-hal yang tidak pantas untuknya…
    Catatan:
    • Untuk settings aplikasi youtube dan youtube dari browser (m.yoututube.com) di perangkat smartphone atau tablet, settings nya sama, bisa dilakukan tanpa masuk ke akun Google terlebih dahulu. Namun sebaiknya gunakan akun Googgle yang anda miliki.
    • Settings Youtube yang ada di browser komputer atau laptop anda harus menggunakan akun Google untuk mengunci pilihan Restricted mode. Setelah terkunci pihak lain tidak bisa merubah pilihan Restricted mode ini karena harus melalui akun Google.
    • Settings ini sudah cukup banyak membantu menyaring konten dewasa sehingga cukup aman buat anak-anak. Namun hasilnya memang tidak 100% akurat. Ini juga tergantung dari kategori konten situs atau video oleh yang membuat situs atau yang meng-upload video ke youtube.
    • Coba anda test pencarian video di youtube baik itu melalui aplikasi yutube atau browser di perangkat smartphone atau tablet. Bandingkan hasilnya antara sebelum settings dan sesudah settings. Test juga pencarian situs melalui search engine baik di komputer maupun perangkat smartphone atau tablet.

    Sumber :
    https://de-tekno.com/

    0 komentar :

    Post a comment

     
    Top