Menjadi orangtua tunggal atau single parent memang bukan sesuatu halyang diinginkan karena hal tesebut bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi jika Anda mempunyai lebih dari satu anak. Orang tua tunggal dituntut untuk bekerja mencari uang dan sekaligus membesarkan anak-anak. Namun apapun yang sedang Anda jalani, Anda perlu memiliki tekad untuk menjalani hidup yang lebih baik demi anak-anak Anda. Untuk Anda yang saat ini berada dalam situasi seperti ini, berikut ini adalah 4 tips menjadi single parent yang sukses seperti yang pernah dilansir dari laman Magforwomen. 

Bekerja adalah prioritas 
Hidup sendiri membesarkan anak-anak tanpa suami atau istri memang tidak semudah yang dibayangkan. Bekerja tentunya akan menjadi prioritas Anda sekarang ini, karena Anda perlu mempunyai pegangan ataupun finansial untuk dapat menyusun prioritas hidup serta masa depan anak-anak. Anda pastinya tidak bisa hanya duduk termenung meratapi nasib yang terjadi di masa lalu. Anda sekarang harus move on. 

Terima kelemahan 
Ada beberapa hal yang tentunya Anda tidak akan mampu jika Anda melakukannya sendiri, mungkin saja hanya mantan suami atau mantan istri yang dapat melakukannya sebelum Anda menjadi seorang orang tua tunggal. Tidak ada salahnya apabila Anda menerima kelemahan dan kemudian mencari bantuan. Bahkan, bisa jadi saat ini Anda memang memerlukan bantuan seorang profesional yang mampu mengembalikan stabilitas mental Anda, sehingga Anda bisa segera move on menjalani hidup. Lebih baik Anda punya bantuan dari sumber yang bisa dipercaya sehingga Anda dapat terlihat lebih tegar di depan mata anak-anak. 

Hasilkan sikap positif
Jangan sampai Anda menciptakan suasana yang tidak nyaman atau tidak mengenakkan saat berada di dalam rumah. Anda mungkin saja telah bercerai dengan suami atau istri untuk alasan Anda sendiri, namun tetap saja anak-anak mungkin tidak pernah menyadari adanya masalah tersebut. Di dalam benak mereka, ayahnya atau ibunya masih dianggap sebagai pahlawan. Jadi, sebaiknya bersikaplah positif di depan anak-anak Anda dan buat mereka dapat mengerti beberapa hal di dalam hidup.

Jangan pernah menyalahgunakan ataupun berbicara buruk mengenai mantan suami ataupun mantan istri Anda di depan mereka. Juga sebaiknya jangan bicara buruk mengenai keadaan Anda saat ini, baik secara finansial ataupun lainnya. Buatlah anak-anak merasa baik karena prosesnya juga akan baik. 

Terbuka dengan anak-anak 
Menciptakan suasana yang penuh keterbukaan di dalam rumah memang tidak mudah. Nah, sebaiknya mulai sekarang bersikaplah secara terbuka mengenai perasaan Anda di depan anak-anak dan juga memberitahu mereka mengenai segala sesuatu yang Anda lakukan ataupun meminta mereka agar terbuka tentang bagaimana perasaan mereka. Semakin Anda sering berkomunikasi dari hati ke hati, pemahaman Anda nantinya dengan anak-anak akan jadi lebih baik. 

Anak-anak Anda tidak perlu menyembunyikan air mata pada saat teman-temannya merayakan Tahun Baru bersama dengan orangtua yang masih utuh. Mereka sebenarnya akan mengetahui persis mengapa mereka mempunyai orangtua tunggal, dan tentu saja mereka akan sangat menghargai kehadiran orangtua mereka.

Itulah 4 tips menjadi single parent yang sukses bagi Anda yang sedang dalam situasi tersebut. Jangan pernah menyerah dengan keadaan dan buktikan bahwa Anda mampu membesarkan anak-anak dengan kemampuan Anda sendiri sehingga mereka tumbuh menjadi pribadi yang baik dan sukses.



Sumber :

0 komentar :

Post a comment

 
Top