Berenang adalah suatu kegiatan olahraga yang mengasyikkan. Maka tak heran, jika banyak sekali orang menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dengan berenang di pantai atau di kolam renang umum. Bagi Anda yang memiliki hobi berenang, pastinya Anda tahu apa saja perlengkapan untuk melakukan kegiatan olahraga berenang. Selain baju renang, ada juga perlengkapan renang lainnya yang tak kalah penting untuk digunakan sebagai keamanan saat berenang maupun untuk latihan.

Berikut ini sebagian dari Alat-alat renang yang umum di butuhkan oleh anda dan keluarga yang memiliki hobi berenang.

1. Ban
Ban atau pelampung yang biasanya dipakai untuk anak-anak bermain dan yang belum bisa berenang

2. Kaca Mata Renang

kacamata, sering sekali digunakan oleh atlet renang saat bertanding. Fungsi kacamata ini bermacam-macam tergantung dari jenisnya. Ada jenis kacamata renang, kacamata renang minus dan kacamata renang buram. Kacamata renang berfungsi untuk menghindari mata supaya tidak teriritasi ketika renang. Harganya bermacam-macam, ada yang paling murah hingga paling mahal. Sedangkan kacamata renang minus digunakan untuk orang yang memiliki mata minus.

3. Kaki Katak
untuk mempercepat renang gaya bebas. juga dengan kaki katak, jadi kecepatan berenang gaya bebas menjadi akan sangat cepat. dan ternyata Kaki katak ini lebih sering digunakan sebagai perlengkapan selam.

4. Pakaian Renang
Aduuuh, orang-orang pada lebih suka berenang pakai celana pendek atau baju kaos (untuk wanita).

5. Papan Pelampung
Alat renang ini biasanya digunakan untuk :

  • yang belum bisa dan belajar mengapungkan badan dan meluncur
  • belajar kaki gaya dada/kodok maupun kaki gaya bebas. dan dengan teknik ini papan tersebut dipegang dengan tangan, setelah nya meluncur di permukaan air dan gerakkan kaki dengan gerakan kaki gaya dada atau gaya bebas.
  • memperkuat tangan dengan cara menjepitkan papan pelampung tersebut di paha agar kaki atau paha selalu di atas. maka Dengan seperti itu kaki tidak perlu bergerak, itu berarti hanya tanganlah yang akan bergerak dengan gaya dada atau bebas. 
  • dan untuk Papan renang paling sering digunakan untuk melatih ketahanan dan kekuatan kaki gaya bebas


6. Hand Paddle
bagi yang ingin melatih dan memperkuat tangan (biasanya digunakan untuk renang gaya bebas).
Cara penggunaan yaitu segera lah masukkan telapak tangan ke dalam hand paddle dan mulailah berenang.


7. Pull Boy

digunakan untuk belajar gaya kupu. untuk alat yang satu ini akan membantu kaki yang sering tenggelam ketika awal belajar gaya kupu. dengan kamu menggunakan alat ini, jadi kaki bisa lebih terangkat ke atas permukaan air.
Cara penggunaan : Jepitkan pull boy pada paha dan mulailah berlatih gerakan kaki gaya kupu.

8. Penutup Kepala
Ada beberapa kegunaan penutup kepala, misalnya untuk melindungi rambut dari air kolam renang yang kurang baik (mis terlalu banyak mengandung kaporit), untuk orang yang berambut panjang agar tidak mengganggu sewaktu berenang, dll.

-

0 komentar :

Post a comment

 
Top