APAKAH Anda punya kebiasaan mengonsumsi kopi saat mengalami stres? Pikirkan kembali jika Anda hendak mengambil gelas kopi kedua karena stres dan kopi merupakan kombinasi yang sangat buruk.

Mengingat tingkat stres yang tinggi dan berhubungan dengan keluarga, keuangan, pekerjaan, faktor lingkungan, dan kewajiban social, begitu banyak orang hadapi setiap hari. Kopi menjadi salah satu pilihan untuk dikonsumsi saat stres melanda. Kafein di dalamnya memang mampu membuat perasaan menjadi lebih tenang. Namun dalam jumlah berlebihan, kopi, kafein dan stres jadi campuran yang buruk.

Berikut alasan kopi, kafein, dan stres menjadi campuran yang tidak baik bagi kesehatan Anda, seperti dilansir Huffingtonpost.

Kopi meningkatkan kadar hormon stres 
Peningkatan kadar hormon stres, termasuk norepinefrin dan terutama kortisol, bertanggung jawab untuk meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Ketika Anda menggabungkan kopi/kafein dengan stres, Anda menempatkan hormon stres Anda dalam siaga tinggi.

Kopi memberikan kontribusi untuk kenaikan berat badan 
Tingkat kortisol yang lebih tinggi terkait dengan konsumsi kopi juga dikaitkan dengan resistensi insulin, peningkatan nafsu makan, dan keinginan untuk konsumsi makanan berlemak. Tingkat kortisol yang tinggi juga dapat berkontribusi untuk timbunan lemak di perut, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Kopi dan stres adalah serangan jantung 
Konsumsi kopi dapat meningkatkan stres dan merupakan faktor risiko yang dapat menimbulkan faktor penyakit jantung, seperti jantung berdebar dan serangan jantung. Jika Anda stres, kopi bukan minuman sehat bagi jantung Anda.

Stres dan kopi mempengaruhi otak 
Stres memiliki efek merugikan pada bagian otak yang bertanggung jawab untuk perencanaan, pengambilan keputusan, dan penalaran. Bila Anda menambahkan kafein, kemampuan mental Anda, suasana hati, dan memori dapat menderita karena kafein mengganggu aliran darah ke otak.

Stres dan kopi mengganggu tidur 
Stres dan khawatir dapat membuat Anda terjaga dan efek stimulasi kafein benar-benar dapat mengganggu kemampuan Anda untuk tidur.

Stres dan kopi mengiritasi saluran pencernaan Anda 
Kopi dan kafein yang sangat asam dapat meningkatkan risiko sakit maag dan sindrom iritasi usus besar. Kurangi asupan kopi Anda untuk mengurangi risiko masalah-masalah pencernaan


0 komentar :

Post a comment

 
Top