Untuk memperkenalkan hewan kepada balita tercinta, biasa Anda memperlihatkan foto dan video aneka hewan. Pilihan lain, mengajak anak berjalan-jalan ke kebun binatang. Berbekal gawai (gadget) Android atau produk keluaran Apple, Anda sebenarnya memiliki satu alternatif lain. Manfaatkan saja aplikasi Animal 4D+ yang dibuat oleh Octagon Studio, Bandung.

Dengan Animal 4D+ yang bisa diunduh gratis di Google Play Store dan Apple App Store, Anda dapat memperkenalkan hewan secara lebih asyik. Gambar hewan yang tersaji di layar ponsel atau tablet terlihat bergerak dan bersuara. Kala dipandang dari sudut tertentu, hewan itu terlihat realistis.


Unsur edukasi ditambahkan dengan menampilkan penjelasan singkat mengenai hewan yang tersaji. Mungkin karena tidak spesifik menyasar pengguna di Indonesia, Animal 4D+ tak menggunakan bahasa Indonesia. Nama-nama hewan disusun berdasarkan alfabet dan memakai bahasa Inggris. Misalnya, ant (semut), bear (beruang), cow (sapi), dan dog (anjing). Deskripsi hewan juga ditulis dalam bahasa Inggris.

Animal 4D-4

Berminat mencoba? Bagi pengguna Android, pastikan peranti Anda minimal bersistem operasi Android 2.2 Froyo. Gawai dengan prosesor dual core dan RAM 512 MB pun mestinya bisa menjalankan Animal 4D+, walaupun awalnya akan terasa cukup lambat.

Sekarang arahkan browser ke http://goo.gl/RY5Gjb dan unduhlah aplikasi yang muncul di layar ponsel. Alternatif lain, bukalah Play Store dan ketikkan kata kunci Animal 4D+. Bakal muncul beberapa judul aplikasi. Pilih yang logonya berwarna hijau. Ukuran file sebesar 86 MB.


Animal 4D-3

Sementara itu, bila akan dijalankan di produk Apple, Animal 4D+ mengharuskan peranti pengguna minimal memakai iOS 5.0. Aplikasi sebesar 131 MB itu kompatibel dengan iPhone, iPad, maupun iPod touch. Pengembang menyatakan Animal 4D+ telah dioptimalkan untuk iPhone 5.

Untuk mengunduh aplikasi, masuklah ke App Store dan ketikkan kata kunci Animal 4D+. Boleh pula mengarahkan browser ke http://goo.gl/kB7mJF yang langsung mengantarkan Anda ke halaman pengunduhan..

Tuntas mengunduh dan menginstalasikan Animal 4D+, silakan menjalankan aplikasi itu. Di layar akan muncul kotak informasi yang meminta Anda meletakkan kartu menghadap kamera. Kartu apa? Tak perlu bingung. Kartu yang dimaksud adalah flashcard (semacam kartu remi/permainan) bergambar hewan. Tekanlah tombol get the card yang tersaji di layar ponsel. Anda juga bisa langsung menuju ke http://4d.octagon-studio.com/animalcards.zip untuk mengunduh kartu itu.

Animal 4D-2

Kartu yang sudah diunduh boleh dicetak di selembar kertas, boleh pula sekadar ditampilkan di layar ponsel atau tablet lain yang Anda miliki. Arahkan kamera ke gambar tersebut. Jarak antara kamera dan gambar jangan terlalu dekat, jangan pula terlalu jauh. Kira-kira satu jengkal. Voila… di layar ponsel atau tablet akan muncul seekor hewan. Gerakkan ponsel atau tablet itu sampai menemukan sudut pandang yang terbaik. Anda juga boleh bereksperimen dengan mengubah posisi gambar yang diarahkan ke kamera.



Sumber : http://ponselmu.com

0 komentar :

Post a comment

 
Top