Ruangan tanpa buku ibarat tubuh tanpa jiwa, kata seorang negarawan Romawi kuno Cicero (106-43 SM). Buku juga sudah akrab di telinga kita sebagai jendela dunia. Takkan ada peradaban tanpa buku. Dan selalu ada harta karun terpendam di dalam sebuah buku.Sejak kita mulai belajar bicara, menulis dan membaca kita mulai mengenal buku. Dan kita semua pasti pernah membaca buku. Tapi mungkin tidak semua orang mampu membeli dan mengoleksi buku, apalagi buku-buku berharga mahal.

Nah Di Jakarta Salah Satu Tempat Yang Cukup Terkenal,Yakni Bursa buku Blok M Square di Basement Area. Lokasi strategis, dekat dengan Terminal Blok M terbilang strategis.Bursa buku Blok M Square buka setiap hari antara pukul 11.00 WIB sampai 20.00 WIB. Di Tempat Ini , merupakan Eks Penjual Buku Bekas Yang Sebelumnya Berjualan Di Kwitang Pasar Senen.

 Dalam Kesehariannya, tempat ini tidak Pernah Sepi Dari Pengunjung, yang Datang Ke Tempat Ini Pun Cukup Beragam Dari Mulai Kalangan Umum, Anak-anak, Hingga Orang Dewasa, Bahkan Dari Siswa Hingga Kalangan Mahasiswa Termasuk Orang-orang Perkantoran yang Ingin Membeli Buku Yang Disukai atau sekedar cuci mata melihat buku-buku yang dijajakan.

Tempat ini bisa dikata surga bagi para pemburu dan penggemar buku karena hampir semua jenis buku ada di sini. Dari mulai buku novel remaja, dewasa, pop, sejarah, sastra, filsafat, sosial, budaya, hukum, ekonomi, politik, kedokteran, arsitektur, teknologi, komputer, komik, ciklit, hingga majalah-majalah dalam dan luar negeri, serta buku-buku berbahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya. Selain itu ada juga buku-buku second langka dan buku-buku pelajaran untuk sekolah dan perguruan tinggi, serta ensiklopedia.

Di sini ada banyak kios dan lapak yang menggelar dagangannya. Para pencari dan penggemar buku yang berkunjung pun akan merasa cukup nyaman karena tempat ini ber-AC, bersih, dan tidak gelap.Berbeda dengan di toko buku yang memiliki rak-rak rapi, para pedagang buku disini hanya memajang buku sekadarnya.Buku-buku lebih banyak diletakkan di atas sebuah meja dan ditumpuk-tumpuk seadanya. Karena kebanyakan buku yang dijual ialah buku bekas, para pemburu buku harus teliti memilih buku yang diinginkan dengan mengecek kondisi buku.

Dibandingkan Dengan Beberapa Toko Buku Modern Atau Toko Buku Yang Ada Di Pusat Perbelanjaan Ibukota, Harga Buku-buku Bekas Di Blok M Square Cukup Terjangkau. Meskipun Murah, Akan Tetapi Untuk Ukuran Kualitas Bukan Murahan. Harga buku pun bervariasi, mulai bukubuku lama dengan harga Rp5.000, Rp10 ribu, Rp20 ribu, bahkan hingga Rp700 ribu untuk buku berseri seperti ensiklopedia.Ada pula buku-buku yang harganya bisa sampai setengah dari harga buku di tokotoko buku besar.Bagi calon pembeli, harus pintar-pintar menawar kalau ingin membeli karena harga rata-rata bisa dinegoisasikan. Untuk Ukuran Seorang Kolektor Novel Atau Atau Penggila Buku-buku Jadul, Harga Bukanlah Masalah Yang Terpenting Namun Kepuasan Batin Setelah Mendapatkan Barang Yang Dicari-cari. 

0 komentar :

Post a comment

 
Top