Ada banyak cara bagi Anda dan pasangan dapat menunjukkan cinta, apresiasi dan pemahaman satu sama lain dalam hubungan. Berpelukan adalah salah satu cara mengungkapkan perhatian, kasih sayang dan cinta pada pasangan. Tidak hanya untuk pasangan saja, tetapi berpelukan juga bisa dilakukan untuk menunjukkan rasa kasih sayang pada orang tua, pada anak, pada saudara, mau pun pada teman. Tapi tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat kesehatan dari berpelukan bahkan dalam pelukan sederhana yang Anda lakukan? Bahkan sentuhan perhatian yang diberikan oleh orang lain dapat membuat Anda merasa lebih baik dan memberikan kepuasan tersendiri.

Tidak setiap hari orang berpelukan; padahal berpelukan dapat dilakukan dengan mudahnya dan tidak memerlukan banyak hal, tidak mengeluarkan biaya, tidak membutuhkan peralatan. Yang terpenting, Anda berpelukan dengan seseorang yang Anda kenal dan tidak melanggar etika. Beberapa manfaat kesehatan dari berpelukan adalah sebagai berikut:

Memberi ketenangan
Melalui pelukan yang sederhana bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres. Para peneliti dari University of North Carolina, Amerika Serikat, merilis teori bahwa pelukan bisa menahan hormon kartisol yang memicu stres dan meningkatkan level hormon oksitosin, yakni hormon yang berfungsi menenangkan tubuh.   

Meningkatkan kecerdasan
Pada anak-anak, pelukan dapat meningkatkan kecerdasan otak. Dalam bukunya, The Hug Therapy, Kathleen Keating mengungkapkan bahwa pelukan berdampak positif pada perkembangan tubuh dan IQ anak-anak. Bahkan, kini semakin berkembang terapi pelukan yang digunakan para pakar psikolog guna membangun sikap anak menjadi lebih terbuka, kritis, dan mampu memecahkan solusi secara tepat.

Menjaga kesehatan mental
Pelukan berfungsi mengurangi racun dari zat derifat glutamate yang berbahaya di otak. Apabila anak mengalami stres, zat derifat glutamate terpicu untuk keluar dan dapat berujung pada penyempitan otak sehingga mengakibatkan fungsi intelegensi, perilaku serta mental anak terganggu.

Menyehatkan jantung
Berdasarkan hasil penelitian psikiater dr. Karen Crewen yang dimuat di alam Psychosomatic Medicine Journal of Biobehavioral Medicine, sebanyak 38 pasangan yang berpelukan selama 20 detik akan menurunkan hormon kartisol dan meningkatkan hormon oksitosin. Sekalipun hasil penelitian memperlihatkan hasil yang signifikan untuk para wanita, manfaat pelukan terhadap kesehatan jantung pria juga besar.

Memperpanjang usia
Pelukan dan sentuhan adalah kekuatan paling canggih sampai kita menyadari efeknya. Menurut Profesor Matthew J. Herstenstein, Ph.D Pelukan perlu diberikan kepada orang yang sedang dalam kondisi tidak sehat, karena pelukan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat orang merasa pulih. 

Bahkan, bayi prematur bisa menjadi lebih kuat dalam waktu yang cepat dengan pelukan dibandingkan hanya dibaringkan di dalam inkubator. Menambahkan kata-kata positif juga mempercepat pemulihan, misalnya ‘kamu anak pintar’ atau ‘kamu anak sehat’.

Dapat menyelaraskan hubungan pikiran dengan tubuh
Berdasarkan MindBodyGreen, berpelukan dapat memberikan kekuatan untuk mendorong kita ke arah better posture, bernapas lebih dalam, dan membuat keadaan lebih santai. Memberikan dampak hubungan yang merilekskan baik untuk pikiran mau pun untuk tubuh.

Membangun hubungan dengan orang lain
Memeluk dapat meningkatkan dan memelihara hubungan antar manusia, meningkatkan rasa percaya pada orang lain, meningkatkan kepercayaan diri, membuat kita lebih bahagia. Berpelukan dapat memperkuat hubungan Anda. Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari berpelukan; pelukan paling efektif ketika dilakukan selama 20 detik.

Dapat menurunkan stres
Berpelukan dapat menurunkan tingkat stres dan mengurangi tingkat kecemasan yang dirasakan seseorang sehingga membuat orang merasa lebih tenang.

Memupuk kesabaran
Mengapa berpelukan dapat memupuk kesabaran? Karena ketika memeluk seseorang, Anda memerlukan dan memberikan waktu Anda untuk orang lain walaupun sesaat. Ini juga dapat menghargai orang dan mengakui satu sama lain. Pelukan adalah salah satu cara termudah untuk menunjukkan penghargaan dan pengakuan kepada orang lain.

Dapat memberi manfaat timbal balik
Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi dalam kehidupan orang lain. Ketika pelukan yang tulus diberikan, tindakan ini memiliki potensi memberikan manfaat timbal balik yang sama terhadap orang lain. Perbuatan baik yang cukup sederhana bukan?



Sumber : berbagai sumber

0 komentar :

Post a comment

 
Top