Istana Anak Indonesia atau sering disebut sebagai Istana Anak-Anak merupakan salah satu ikon yang populer dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Bangunan berbentuk istana yang tinggi menjulang berwarna merah ini terlihat menonjol di area TMII. Walaupun ditujukan untuk area wisata edukatif anak-anak, namun tidak ada salahnya Anda menyempatkan diri mampir ke tempat yang juga seringkali dijadikan lokasi pemotretan pre wedding ini. Arena seluas empat hektar yang terbagi menjadi beberapa bagian akan terbentang di hadapan Anda.Istana Anak Indonesia adalah sarana rekreasi khusus untuk anak di dalam Taman Mini Indonesia Indah. Luas seluruh kompleks sekitar 4 hektar (36,650 m2) dan yang paling khas dari tempat ini adalah bentuk bangunannya yang mirip dengan istana kerajaan film-film karya Walt Disney.

Yang paling depan ialah sebuah plaza yang disebut Plaza Gajah. Pada waktu-waktu tertentu, Plaza Gajah mengadakan pertunjukan marching band anak-anak. Area terbuka ini memiliki banyak fasilitas bermain, pagar tembok rendah, dan dua bangunan kecil tempat pengawal istana. Area inilah yang seringkali dijadikan lokasi pemotretan pre wedding dengan latar belakang bangunan istana yang menjulang.





Melangkah lebih ke dalam, Anda akan memasuki gedung utama yang berbentuk istana, serupa dengan kisah Cinderella. Istana ini namanya Gedung Graha Widya Tama. Terdapat tangga di pintu masuknya menuju menara berdinding keramik degnan gambar-gambar dongeng binatang. Istana ini terdiri dari empat lantai, dimana lantai duanya memiliki ruang terbuka.

Pusat kebudayaan dan museum anak-anak juga tersedia dalam area Graha Seni Atmaja. Di sini, Anda dapat menemui beraneka ragam mainan anak-anak dari penjuru Nunsatara, berbagai benda peraga ilmu pengetahuan, peralatan musik, dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan seni dan budaya anak-anak seperti seni lukis, drama tari, dan sebagainya juga dilakukan di graha seni ini. Teater Cendrawasih berada tidak jauh dari tempat tersebut sebagai tempat pertunjukan. Sementara di bagian belakang istana terdapat air terjun buatan, kolam renang Sendang Sejodo, serta hutan buatan.

Luasnya Istana Anak Indonesia dan sarana permainan edukatifnya membuat siapa saja, terutama anak Anda betah di dalamnya. Jika Anda mengunjungi obyek wisata ini pada siang hari, siapkanlah topi atau payung agar terlindung dari terik matahari saat bercengkrama di arena-arena terbukanya







Istana Dunia Anak-Anak
Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Jakarta Timur 13560
Telp.
Website : http://www.tamanmini.com

Jam Operasional
Setiap hari : pukul 07.00-17.00 WIB

Tiket : Rp. 10.000./orang 

0 komentar :

Post a comment

 
Top