Melihat sang buah hati bermain di dalam rumah tentunya bisa membuat hati orang tua merasa tenang. Tak jarang pula para orang tua memfasilitasi anak-anak mereka dengan komputer supaya mereka lebih kerasan berada di rumah. Sayangnya, tak banyak orang tua yang sadar akan bahaya yang tengah mengintai putra maupun putri mereka. Stres berkepanjangan adalah risiko yang akan mereka derita.

Sebuah media online yang peduli akan kesehatan anak, kidshealth.org, melansir bahwa bermain di depan komputer dalam waktu yang cukup lama sebenarnya merupakan hal yang sangat berbahaya buat anak.

Ada dua hal yang perlu Anda perhatikan saat membiarkan anak-anak bermain di depan komputer dalam waktu yang sangat lama.

Pertama adalah posisi duduk. Orang tua harus rajin mengingatkan putra-putri mereka untuk duduk tegap saat berada di depan komputer. Anda sebagai orang tua harus membiasakan dan memastikan sang buah hati bisa duduk tepat berada di tengah kursi. Selain itu pastikan kaki mereka ditekuk tepat di bagian lutut mereka dengan kaki menyentuh lantai. Anak Anda yang masih kecil tentunya masih belum dapat melakukan hal ini. Untuk itu perlu adanya benda yang mampu menjadi penyangga buat kaki si kecil.

Kedua adalah posisi saat mereka menyelesaikan tugas atau mengetik. Ajarkan kepada si anak untuk selalu memosisikan siku mereka tegak lurus atau 90derajat pada saat mengetik. Pastikan pergelangan tangan selalu lurus dan jari-jari mereka tepat berada di atas keyboard. Bila perlu dekatkanlah keyboard tersebut untuk menambah rasa nyaman.

Ketiga adalah soal konten yang mereka akses. Berkembangkan dunia internet membuat orang tua wajib cemas. Apapun bisa anak dapatkan dengan mudah melalui internet. Untuk itu, setiap orang tua harus selalu mengawasi apa yang dibaca anak

0 komentar :

Post a comment

 
Top