Tidur siang barangkali adalah salah satu kegiatan yang paling dihindari oleh anak-anak. Mereka lebih suka bermain di luar bersama teman-teman dibandingkan harus tidur di siang hari. Namun orang tua sebaiknya tetap membiasakan anak mereka tidur siang karena manfaatnya yang luar biasa pada otak anak.

Penelitian terbaru mengungkap bahwa tidur siang merupakan kunci penting yang membantu otak anak bekerja lebih baik. Anak-anak yang terbiasa tidur siang lebih mudah mengingat pelajaran yang diberikan kepada mereka.

Anak-anak dan balita memiliki kemampuan untuk mengenali hal-hal berbeda meski terlihat serupa. Tak jarang mereka juga belajar hal-hal baru yang akan diterapkan dalam situasi mereka sehari-hari. Dalam masa pertumbuhannya, anak-anak juga belajar menggunakan bahasa dengan baik dan benar.

Hasil penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan rutin Cognitive Neuroscience Society;s annual meeting di Boston mengungkap bahwa anak-anak yang terbiasa tidur siang memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak tidur siang.

"Tidur siang sangat penting untuk membantu anak belajar hal-hal baru. Tidur siang setelah anak-anak belajar akan membantu mereka menyerap apa yang baru dipelajari dengan lebih baik," ungkap peneliti Rebecca Gomez dari University of Arizona, seperti dilansir oleh Health Day News.

Selain bermanfaat untuk anak-anak, penelitian lain juga menunjukkan bahwa tidur siang membantu orang dewasa mengingat rencana-rencana yang sudah mereka siapkan

Sumber : www.merdeka.com

0 komentar :

Post a comment

 
Top