Taman kaktus adalah taman yang dilengkapi bangunan rumah kaca berbentuk dan beratap bulat menyerupai kaktus. Di dalam Taman Kaktus terdapat Rumah Kaktus seluas 283 m2 berbentuk bulat dengan atap bulat pula, menyerupai kaktus. Bangunan ini banyak menampilkan koleksi berbagai macam kaktus, tidak kurang dari 32 jenis kaktus ditanam dengan tatanan menyerupai habitat aslinya.

Taman ini menyajikan berbagai jenis kaktus dan sukulen dari dalam dan luar negeri. Jenis kaktus dan sukulen yang berasal dari luar negeri, terutama didatangkan dari Belgia dan Jepang, sedangkan kaktus dari dalam negeri kebanyakan dari Bandung. Beberapa koleksi antara lain : Cleistocactus stausil setinggi 10 m, Agave Parasana dan Gimnogayumus Hibotan dari Belgia, Opuntia Microdasys dari Meksiko, Notocactus Leninghausil, euphorbia Cristata, Echimocactus Grusonii dan Melocactus dari Jepang, dan masih banyak lagi.

Taman kaktus mulai dibangun pada 21 Februari 1997, kemudian tahun 1979 atas prakarsa Ibu Tien Soeharto dibangun rumah kaktus untuk pembudidayaan kaktus dan dibuka dengan resmi oleh Presiden Soeharto pada 20 April 1980. Terdapat sekitar 32 jenis kaktus yang ditanam sesuai dengan tatanan habitat aslinya yang menggambarkan keanekaragaman flora Indonesia.

Di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kaktus mendapat tempat khusus, sering banyak kalangan menyukai tanaman ini sebagai penghias.

0 komentar :

Post a comment

 
Top