Dengan kemajuan teknologi khususnya dunia design percetakan print sablon manual mulai merambah ke metode sablon kaos digital sehingga anda dapat menyablon desain kaos atau design t-shirt dengan mudah dan cepat dengan menggunakan media transfer paper. Transfer paper didesain khusus untuk mentrasfer gambar atau tulisan ke kaos polos dengan cara pemberian panas.

Cara print sablon kaos digital tidak perlu banyak peralatan layaknya sablon manual yang banyak menggunakan macam-macam alat sablon seperti screen, raker, cat sablon, obat pewarna , separasi sablon raster dot film sablon ,afdruk screen film sablon dll dan yang terpenting sobat harus membuat desain kaos keren dan menarik agar laku di pasaran kaos distro.

Kita bisa membuat desain kaos/T-shirt/label nama menggunakan photoshop, adobe illustrator ataupun corel draw . Sablon Digital cukup menggunakan komputer serta software pendukung seperti adobe photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator dan tentunya sebuah printer untuk cetak design kaos ke transfer paper.


Ada dua macam transfer paper. Bila kita ingin mentransfer disain di kaos polos yang berwarna putih, abu-abu atau warna-warna terang lainnya maka gunakan transfer paper standard atau biasa disebut transfer paper clear. Sedang untuk kaos polos yang berwarna lebih gelap atau hitam maka gunakan transfer paper dark.


Berikut ini adalah tips Teknik Cara Sablon Design Kaos Digital dengan transfer paper

Cara Sablon Digital Untuk kaos warna putih dengan transfer paper clear 
  • Siapkan desain kaos yang akan di cetak sablon , pastikan kondisi desain kaos dalam posisi terbalik atau mirror 
  • Cetak desain kaos ke dalam  kertas transfer paper 
  • Letakkan bagian kertas yang di print menghadap ke kaos sesuai dengan posisi yang diinginkan
  • Press dengan mesin heat press pada suhu 120 derajat selama 15 detik 
  • Jika menggunakan seterika gosok pelan-pelan dan merata 
  • Setelah agak dingin lepaskan bagian luar dari transfer paper secara perlahan
 

Cara Sablon Digital Untuk kaos warna gelap atau hitam dengan transfer paper dark
  • Siapkan desain kaos yang akan di cetak sablon dalam posisi biasa tidak dibalik atau mirror, 
  • Cetak desain kaos ke kertas paper tanpa miror 
  • Lepaskan (kupas) dari pelindung transfer paper 
  • Letakkan sesuai dengan posisi yang diinginkan
  • Press dengan heat press pada suhu 120 derajat selama 8 sd 12 detik 
  • Jika menggunakan setrika gosok perlahan dengan diberi tekanan 
  • Buka kertas pelindung dan selesai sudah 


Keuntungan menggunakan sablon kaos dengan metode Transfer Paper adalah hasil sablon full color dan setara dengan kualitas photo, hasil sablon tersebut cukup kuat dan tidak mudah pecah, dapat dicutting sesuai dengan kontur/bentuk design dan kita dapat mengaplikasikannya di berbagai bahan dan warna gelap maupun terang.

Semoga ulasan mengenai tips teknik  cara sablon design kaos digital bisa bermanfaat  bagi anda yang mau berbisnis print digital. semoga bermanfaat.

3 komentar :

  1. gan.. ane jual mesin press kaos second 1300 watt harga 2.000.000 jual rugi aja karena tidak jadi usaha printing kaos. baru beli 1 bulan. kondisi masih mulus 99,99% karena baru dipakai untuk coba coba. kalau berminat hubungi 0812 9333 9198 ya.. makasih..

    ReplyDelete
  2. I love it!!! your website is awesome , great content, one of the best website i have ever visited.It has very useful features and content.
    Thanks.
    http://www.crackorsquad.in

    ReplyDelete
  3. kami punya kaos polos dengan harga grosir dan jasa print nih, kualitas oke banget, kunjungi website kami di http://www.hygmatic.com

    ReplyDelete

 
Top