Tinggal di Jakarta, mau ajak anak-anak bermain ke mana sih enaknya? Playground mana yg aman, nyaman dan anak-anak senang bermain di situ? Mereka bisa bermain melatih motorik. Tapi, orang tuanya perlu merogoh kocek cukup dalam untuk itu. Kalau yg murah atau gratisan di mana ya?

1. Taman Menteng
Taman yang diresmikan  Pemprov DKI Jakarta pada 28 April 2007 lalu ini selain untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta, pembangunan taman yang berlokasi di jalan raya HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat ini, juga ditujukan sebagai sarana publik yang bisa sedikit “menyegarkan” warga Jakarta. Taman Menteng juga dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, seperti arena bermain untuk anak, lapangan futsal dan lapangan basket. Taman ini aslinya adalah markas besar tim kesebelasan kebanggaan warga Jakarta, Persija.

 Seiring berjalannya waktu, sangat disayangkan, Stadion Menteng mengalami pergeseran fungsi dari yang seharusnya. Perawatan yang sangat minim membuat stadion ini perlahan-lahan berubah menjadi area yang kumuh. Lebih dari itu, sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab pun mulai bermunculan menguasai lahan di sekitar stadion dan menjadikannya sebagai lahan usaha ilegal. Melihat hal ini Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Sutiyoso, mengambil inisiatif untuk mengubah lahan menjadi sebuah area publik dalam bentuk Taman Kota.

Rute untuk mencapai Taman Menteng dari arah Halte Bundaran HI jalan kaki 15 menit lewat Jl. Sutan Syahrir nanti ketemu Taman Menteng :) Lumayan bisa joging di pagi hari bikin badan tambah bugar dan membakar lemak serta kolesterol dalam tubuh :D

2. Taman Kodok

Taman Kodok letaknya di sebelah tenggara Taman Menteng. Memang jauh lebih kecil daripada Taman Menteng, tapi sebetulnya Taman Kodok lebih dahulu ada. Waktu Taman Menteng masih berupa Stadion Persija, Taman Kodok sudah hadir melayani warga Jakarta, terutama penghuni rumah di sekitarnya. Pengunjung taman bisa duduk-duduk nyaman di bangku taman di bawah rimbunnya pepohonan di antara empat patung kodok di situ. Makanya dinamakan Taman Kodok.



Desain Taman Kodok lebih menyatu selaras dengan Taman Menteng. Jadinya, Taman Kodok seakan-akan perluasannya (extension) Taman Menteng. Terlebih, letak keduanya yang memang dekat sekali, hanya dipisahkan oleh jalan lingkungan selebar 5 meter. Mau ke Taman Kodok, bisa numpang parkir di Gedung Parkir Taman Menteng, atau sebaliknya. Seperti yang sering kami lakukan, mau ke Taman Menteng, parkirnya di depan Taman Kodok. Turun mobil, langsung disambut oleh gerobak bubur dan soto ayam. Sedapp....

Di tengah-tengah Taman Kodok sekarang ada Dancing Fountain, sama seperti di Taman Menteng di ujung sebelah sananya. Jadi, kedua air mancur menari itu seakan menjadi dua kutub area hijau. Bedanya, di Taman Kodok air mancur itu lebih luas dan dikelilingi oleh lima patung kodok. Tidak ada permainan interaktif seperti di Taman Kelapa Gading. Tidak ada juga sarana olahraga. Taman Kodok lebih diperuntukkan untuk sekedar duduk-duduk bersantai.

1 komentar :

 
Top