Lokasi Museum Tekstil ini tidak jauh dari  Pasar Tanah Abang, yaitu di jl KS Tubun Jakarta Pusat.

Untuk mencapai tempat ini banyak angkutan umum yang dapat dipilih. Dari perempatan Palmerah-Slipi banyak mikrolet yang menuju Tanah Abang. Dari stasiun kereta api tanah Abangpun bisa dicapai dengan berjalan kaki, begitu pula dengan bis Patas yang perhentian terakhirnya tak jauh dari  stasiun kereta.
Untuk mencari pintu masuknya kita harus pasang mata banget karena trotoar depan museum banyak pedagang kaki lima. Tetapi begitu kita masuk ke halamannya terasa nyaman karena banyak pohon-pohon besar . Kompleks bangunan ini ada 4 gedung.


 Gedung yang berdiri di atas tanah seluas 2 ha ini memiliki fasilitas utama yang menunjang kepentingan museum dan masyarakat yang terdiri dari Gedung Utama, Ruang Display, Gedung Galeri Batik, Gedung Workshop Center (Pendopo), Perpustakaan, Taman Pewarna Alam, Ruang Laboratorium & Konservasi Ruang Penyimpanan, Gerai Cinderamata, Ruang Multimedia, Ruang Pengenalan Wastra, Ruang Betawi, Mini Teater, Ruang Rapat, Mushalla dan Area Parkir.


Batik mendapat tempat khusus di museum ini, mungkin karena batik adalah kain unggulan Indonesia atau karena jauh lebih mudah mengumpulkannya dari kain jenis lain, yang jelas di museum ini selain disimpan berbagai macam batik dari seluruh penjuru tanah air.



Di bagian belakang juga terdapat pendopo di mana pengunjung yang berminat bisa merasakan bagaimana asyiknya membatik. Di pendopo ini disediakan peralatan membatik dan instruktur yang akan mengajari pengunjung membatik.


Pengunjung bisa belajar apa saja yang menyangkut batik di sini. Dengan membayar sedikit lebih, Rp 40.000 per orang,  mereka bisa diajari membatik, mulai dari proses menjiplak pola atau gambar, mencanting, mencelup, sampai mewarnai.

Di taman dekat pendopo ini ditanam berbagai macam tanaman yang kulit, daun atau akarnya digunakan para pengrajin kain zaman dahulu untuk mewarnai kain buatan mereka.


Museum Tekstil 
Jl. Aipda KS Tubun No.2-4 Jakarta Pusat
Phone: (021) 560 6613
Fax : (021) 565 4401
Website : www.museumtekstiljakarta.com.

Jam Operasional :
Buka : Selasa-Minggu, Senin: Tutup
Jam : 09.00-15.00 WIB.
Tiket : Dewasa : Rp. 5000 
        Mahasiswa : Rp. 3000
Anak-Anak : Rp. 2000

0 komentar :

Post a comment

 
Top