Favicon merupakan singkatan dari Favorites Icon. Favicon adalah gambar multi-resolusi yang disertakan pada hampir semua situs atau blog yang tampil pada address bar suatu situs atau blog dan merupakan logo dari blog tersebut.

Sebelum mengganti Favicon, tentunya sobat blogger harus memiliki gambar dulu. Gunakan gambar persegi yang ukurannya kurang dari 100KB. Kalau sobat blogger tidak memiliki gambar tersebut, silahkan download saja gambar di http://www.iconarchive.com atau http://www.iconj.com, disana sobat blogger bisa memilih gambar yang bisa sobat blogger jadikan Favicon blog sobat

Kemudian masukkan url-nya ke script tag berikut ke bagian antara <head> dan </head> di template HTML anda. Saya sarankan untuk dimasukkan setelah meta tag agar cepat termuat oleh browser namun tidak mengganggu meta.
Untuk favicon file ico:
<link href='url gambar .ico anda' rel='shortcut icon' type='image/vnd.microsoft.icon'/>
Untuk animated favicon file gif:
<link href='url gambar gif anda' rel='icon' type='image/gif'/>

Untuk menggunakan kedua-duanya dan berjaga apabila file gif gagal dimuat oleh koneksi yang sangat lambat, gunakan kedua file ico dan gif anda. Masukkan kedua tag dengan urutan sebagai berikut:
<link href='url gambar .ico anda' rel='shortcut icon' type='image/vnd.microsoft.icon'/>
<link href='url gambar gif anda' rel='icon' type='image/gif'/>

Nah kamu boleh nyoba,,semoga berhasil ,,jangan lupa ganti tulisan warna biru di atas dengan URL gambar atau logo yang kamu inginkan. Misalnya :
<link href='http://4.bp.blogspot.com/-dWib4jTFc9U/UZr-ofDPn4I/AAAAAAAABvY/RYscsZhvW5M/s1600/favicon.ico' rel='shortcut icon' type='image/vnd.microsoft.icon'/>

Happy blogging,,


0 komentar :

Post a comment

 
Top