Kebiasaan tubuh dalam bersikap sangat berpengaruh bagi kesehatan fisik manusia. Terutama bagi para pebisnis online dimana seluruh aktivitasnya dipusatkan di depan komputer. Posisi duduk harus diperhatikan sedetail mungkin mengingat posisi duduk tersebut dapat mempengaruhi kesehatan dan mental setiap orang. Sebenarnya banyak sekali kegiatan yang dianggap sepele tapi berdampak negatif bagi kesehatan manusia.

Berikut 4 kebiasaan sepele yang harus dihindari :

1. Posisi Duduk Membungkuk
Posisi duduk membungkuk tanpa kita sadari sangat menyenangkan, namun apabila kebiasaan ini kita biarkan dapat menyebabkan ketegangan pada otot bagian leher dan punggung yang menyebabkan rasa pegal dan kaku. Maka kebiasaan ini harus dihindari terlebih bagi para pekerja online yang memusatkan aktivitasnya di depan komputer sepanjang hari. Orang tua juga dapat berperan untuk mengawasi anaknya pada saat bermain komputer agar tidak membiasakan diri duduk dengan posisi membungkuk tersebut.

2. Posisi Duduk Miring
Kursi yang tidak rata dapat menyebabkan posisi duduk yang miring dan menyebabkan otot tulang belakang bekerja dengan ekstra keras untuk menyesuaikan dengan posisi tubuh. Akibat dari kebiasaan duduk miring ini menyebabkan ketegangan otot dan menyebabkan pinggang dan punggung menjadi kaku dan lelah.

3. Membawa Beban Yang Tidak Seimbang
Membawa beban yang berat sebelah dapat menyebabkan bahu kanan/kiri menjadi tegang dan pegal di bagian bahu. Hal ini perlu dihindari agar bahu tidak miring sebelah dan menjaga agar tulang bagian belakang tidak bengkok.

4. Menulis Sambil Tidur di Lantai
Kebiasaan menulis sambil tiduran di lantai dengan dada berada di bawah dapat menyebabkan nyeri dan kaku pada leher,bahu dan punggung. Posisi ini menyebabkan tubuh menekan dada dan paru-paru yang menyebabkan hambatan pada proses sirkulasi oksigen di dalam tubuh. Kelancaran pasokan oksigen sangat diperlukan untuk kelancaran kinerja otak dalam berkonsentrasi. Karena proses sirkulasi oksigen pada tubuh terhambat mengakibatkan mudah mengantuk. Disamping itu kebiasaan ini dapat menyebabkan posisi buku dengan mata semakin dekat dan tidak direkomendasikan untuk kesehatan mata.

Itulah kebiasaan sepele yang tidak terlalu kita sadari  tetapi harus kita hindari.

Sumber : himpunanpengetahuan

0 komentar :

Post a comment

 
Top