Tanggal gajian baru saja lewat beberapa hari, tapi apa yang terjadi? Uang habis dan Anda mulai ketar-ketir memikirkan hari-hari ke depan. Hmmm... Sekarang saatnya Anda memperbaiki manajemen keuangan yang buruk.

Atur Rencana
Well, Anda sudah yakin memiliki anggaran pengeluaran sendiri tiap bulannya. Lantas apa yang terjadi? Mengapa sampai sekarang Anda masih kehabisan uang sebelum akhir bulan? Jawabannya satu: Anda tidak mematuhinya. Benar, kan? Maka mulai sekarang, harus ada hukuman untuk Anda bila masih juga tak menurut dengan daftar belanja ini. Setiap kali Anda menghabiskan uang di luar rencana awal yang dibuat, maka Anda kehilangan acara makan malam di resto kesukaan Anda. So, be disciplined dear!

Tabungan Terpisah
Waktunya membuat tabungan Anda terpisah. paham, saat saldo yang Anda lihat masih dalam nominal yang besar, godaan untuk berbelanja pasti akan menghantui terus. Maka percayakan uang Anda untuk disimpan dalam rekening tabungan kedua atau bisa juga dititipkan kepada orang terdekat.

Kurangi Jadwal “Kunjungan” ATM
Dengan list pengeluaran yang sudah Anda buat setiap bulannya, maka tak sulit untuk menentukan berapa pengeluaran yang akan dihabiskan selama sebulan ke depan. Saran : pecah jumlahnya menjadi empat bagian. Ini akan memenuhi pengeluaran Anda setiap minggunya. Tentukan hari apa Anda harus menarik uang di ATM. Di luar dari jadwal yang ditentukan, Anda tak bisa “mengunjungi” ATM.

Coba Kredit
Seringkali Anda harus membeli barang yang harganya bahkan hingga 50% dari gaji, padahal barang-barang itu termasuk dalam kebutuhan primer. Salah satu jalan keluar cobalah mencicil—ini akan membantu Anda menekan pengeluaran. Tapi ingat lho, dear, hanya dalam kebutuhan mendesak dan tetap kendalikan penggunaan kartu kredit.

0 komentar :

Post a comment

 
Top