Salah satu museum di Jakarta yang patut dikunjungi adalah Museum POLRI yang terletak di Jl. Trunojoyo No.3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di sini, anak-anak dapat melihat sejarah Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) yang menampilkan ribuan foto dan berbagai benda bersejarah dari berbagai masa pemerintahan. Benda-benda bersejarah di Museum POLRI ini ditata sangat apik dan dilengkapi dengan fasilitas multimedia interaktif.


Museum ini dibuka tahun 2011. Idenya sendiri dicetuskan oleh Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri. Tujuannya untuk melestarikan nilai-nilai sejarah POLRI untuk generasi penerus. Di dalam museum ini tertuang semua kisah perjalanan POLRI dari zaman kemerdekaan, masuk ke dalam Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) hingga berpisah dari ABRI dan berdiri secara mandiri dan profesional menjadi POLRI.

Museum dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 8.00 hingga pukul 15.00 WIB. Semua orang bisa berkunjung tanpa dipungut biaya masuk alias gratis. Para pengunjung hanya cukup meninggalkan KTP dan menitipkan barang-barang bawaan di lobi depan. Tidak ada sedikitpun kesan menakutkan karena para petugas selalu menyambut dengan baik.



 Lantai 1 - Ruang Koleksi dan Hall of Fame
Di ruangan ini, pengunjung akan disajikan dengan berbagai foto tokoh-tokoh pemimpin kepolisian Indonesia, nilai-nilai organisasi serta tradisi kepemimpinan. Koleksi senjata pun juga ada di ruangan ini. Contohnya saja seperti senapan Grand M1, senapan Mauser, senapan bren MK-!!, senapan karabin Lee Enfield, roket SPG 82, HMG/SG 43 dan lain-lainnya. Selain itu, ada juga berbagai perlengkapan POLRI seperti koper identifikasi sidik jari, alat pendeteksi kebohongan, kamera single Yashica 635 untuk pemotretan TKP dan lain-lain.


Lantai 2 – Kids Corner
Di lantai 2 ini khusus untuk pengunjung anak-anak. Banyak sekali informasi yang diberikan tentang fungsi dan tugas dari seorang polisi di dalam masyarakat. Pastinya dengan cara yang mengasyikan. Anak-anak juga bisa berfoto ria di dalam transportasi Kepolisian RI. Ada mobil polisi, helikopter sampai kendaraan tank kepolisian.

Anak-anak di sini diberi kesempatan untuk menjadi layaknya seorang detektif. Misalnya melacak pencuri menggunakan hewan peliharaan, mengamati jejak dan petunjuk dan berpikir ala petugas reserse. Selain itu berbagai sarana permainan interaktif dan buku pengetahuan juga tersedia di ruangan ini. Serunya lagi, anak-anak bisa berfoto dengan mengenakan seragam polisi ukuran mini. Kids Corner Museum POLRI ini diharapkan menjadi awal ketertarikan anak-anak untuk mengabdi kepada bangsa di kemudian hari.


Lantai 3 – Area DENSUS 88 & Sekolah Kepolisian
Wilayah di lantai 3 ini untuk memamerkan Densus 88 dengan berbagai pajangan tentang bom terorisme seperti serpihan baterai pemicu bom, ponsel ataupun alat lain yang digunakan teroris. Ada juga miniatur gedung-gedung yang berantakan akibat bom dipamerkan di sini.

Hal menarik lainnya adalah tentang sekolah/pendidikan polisi mulai dari sekolah bintara, taruna sampai sekolah polisi untuk lulusan sarjana. Meskipun tidak banyak barang yang dipamerkan di sini, tetapi pengunjung bisa membaca syarat-syarat tes fisik untuk menjadi calon polisi. 



Museum POLRI
Jl. Trunojoyo No. 3
Kebayoran Baru, Jakarta,
Indonesia 12110
Telp:021-7210654
Website : http://www.museumpolri.go.id

Jam Operasional :
Buka : Selasa - Minggu, Senin: Tutup
Jam : 09.00 - 16.00
Tiket : GRATIS


















0 komentar :

Post a comment

 
Top