Beberapa hal tidak akan pernah bisa diulang dalam hidup kita, karena itu penting bagi  kita untuk memiliki kemampuan mengatur diri atau time self management. Karena kemampuan self management akan membawa kita pada akses untuk mengontrol masa depan kita. Sounds promising? Simak tipnya berikut!

Tentukan Prioritas
Dasar dari self management adalah bagaimana Anda mencari kombinasi paling tepat dalam meluangkan waktu untuk pekerjaan, relationship, hobi, keluarga, dan hal lainnya yang penting dalam hidup Anda. Kuncinya, tentukan mana yang ada di atas skala prioritas Anda.

Motivasi Diri Sendiri
Pasti ada kalanya Anda tergoda untuk menunda suatu hal yang mestinya dikerjakan. Untuk menghindari hal seperti ini, motivasi diri sendiri dengan memikirkan manfaat yang akan didapat saat Anda selesai melakukan suatu pekerjaan yang sedang menanti. 

Disiplin
Self management merupakan kemampuan untuk mengelola diri sendiri supaya bisa produktif secara maksimal dalam waktu yang terbatas; 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Karenanya, butuh disiplin yang kuat untuk bisa melakukan setiap porsi pekerjaan dan aspek lain dalam hidup agar tetap seimbang.

Evaluasi
Setiap beberapa periode waktu tertentu, lakukan evaluasi terhadap proses dan hasil dari self management yang telah Anda lakukan. Merasa berhasil? Beri rewards pada diri sendiri supaya lebih semangat melakukannya lagi di masa depan. Menyenangkan bukan? Exactly!

0 komentar :

Post a comment

 
Top