Ternyata oh ternyata, masih banyak orang-orang yang tidak mengetahui bahwa Pluto sudah dicoret statusnya sebagai planet yang ada di dalam tata surya kita. Otomatis, tata surya kita yang dulunya ada 9 planet kini hanya memiliki 8 planet saja. Secara berurutan yaitu: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Status Pluto dicoret sebagai planet setelah diadakannya konferensi IAU yang berlangsung di Praha, Rep. Ceko pada tahun 2006 silam. Keputusan tersebut diambil melalui pemungutan suara yang diikuti lebih dari 2.500 astronom dari 75 negara.

Ada 3 (tiga) buah kriteria/syarat sehingga bisa disebut sebagai planet. Yaitu: (1) Benda antariksa yang mengorbit matahari, (2) Memiliki massa yang cukup besar sehingga gravitasinya cukup kuat untuk mengikatnya menjadi objek yang berbentuk bundar dan terakhir adalah (3) Di sekitar garis orbitnya tidak didapati objek sejenis.

Nah, Pluto gagal pada kriteria/syarat nomor 3. Sebab orbit Pluto bertabrakan/bersinggungan dengan orbit planet Neptunus. Namun anehnya, hingga sampai saat ini Pluto dan planet Neptunus belum pernah bertabrakan. Mungkin ada faktor lain yang menyebabkan mereka masih aman-aman saja.

Dan untuk selanjutnya Pluto diklasifikasi ulang sebagai anggota Dwarf Planet (Planet Kerdil).

Sayonara, Pluto....

0 komentar :

Post a comment

 
Top