BAGI sebagian besar perempuan, mengakhiri pernikahan terasa seperti memulai hidup sepenuhnya dari awal. Bagaimanapun juga perceraian akan menjadi peristiwa terburuk yang pernah terjadi. Kehidupan yang terjadi pun dapat menandakan sebuah awal yang baru. Untuk menyesuaikannya dapat berlangsung dari satu sampai lima tahun mencakup tahapan melupakan masa lalu, melepaskan luka lama dan sakit serta memaafkan mantan pasangan untuk kemudian menciptakan kehidupan baru.

Dalam kasus bangkit dari perceraian itu dibutuhkan beberapa langkah untuk melanjutkan hidup seperti berikut ini:

1. Buatlah rencana
Buatlah rencana keseluruhan meliputi aspek emosional, fisik, intelektual dan spiritual. Jika Anda memiliki anak, putuskan apa yang akan dilakukan dengan mantan. Mulai dari aspek keuangan untuk membesarkan anak. Dari segi fisik, sudah saatnya Anda merubah penampilan dengan berolahraga teratur atau menurunkan berat badan. Selain itu persiapkan masa depan untuk mendapatkan promosi di tempat kerja atau mengejar hobi baru.

2. Buat tim dukungan
Sekelompok teman atau sahabat baik akan membantu Anda melalui proses penyembuhan paska perceraian. Pertimbangkan untuk berkomunikasi berkualitas dengan mereka dan melakukan aktivitas untuk menghilangkan rasa kesepian.

3. Kembali menemukan jati diri
Nikmati dan lakukan kegiatan saat Anda lajang. Sesuaikan kegiatan itu dengan kehidupan Anda sekarang. Benahi diri apa yang Anda butuhkan, apa yang disukai saat ini.

Sumber :

0 komentar :

Post a comment

 
Top