Bagi yang suka banget nonton film Disney pasti familiar dengan deretan Princess yang pada akhir cerita will get a happily ever after ending with her prince. Aww. But one question: kalau si Pangeran ada di dunia nyata, apakah kamu akan memilih salah satu dari mereka sebagai pasangan?


I love Disney movies. Film Disney, terutama yang ada Princess-nya, merupakan favorit saya dari kecil. Dan sama seperti anak perempuan lainnya, saya pernah berkhayal memiliki cerita yang sama dengan salah satu Pangeran Disney. My favorite is Prince Charming (Cinderella). Ehm, Aladdin! . Anyway, rata-rata anak perempuan pasti melalui yang namanya fase princess. Selama masih ada dongeng dan Disney, fase tersebut akan terjadi pada nyaris semua anak perempuan.

Tapi kalau boleh dibahas satu-persatu, seperti apa sih kira-kira sifat para Prince Charming ini sebenarnya? Mereka hanya muncul sebentar dan kalau mereka manusia, sifat mereka kurang lebih akan seperti ini:

Pangeran Ferdinand

Bagi yang nggak familiar, Ferdinand adalah pangerannya Snow White. Secara dia cuma muncul sebentar dan langsung jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Snow White, without knowing her at all. At all!

Prince Charming Cinderella

Yang satu ini kasihan, dia nggak punya nama. Benar-benar cuma Prince Charming. Dan dia adalah seorang pangeran cukup umur yang nggak mau disuruh menikah dengan perempuan yang nggak dikenal. Nggak bisa disalahkan juga, kan? At least dia punya pendirian.

Pangeran Phillip

Dia adalah pangerannya Aurora, dan punya nama! Phillip bisa dibilang satu-satunya dari deretan prince charming yang berusaha. Jatuh cinta pada Aurora nggak peduli dia hanya seorang rakyat jelata biasa atau pun seorang putri pewaris tahta. And he fights monster for her. That’s what I called dedication.

Pangeran Eric

Pangerannnya Ariel ini adalah my least favorite. How can you fall for a guy who falls for a girl who can’t speak? Speak as in mengutarakan pendapatnya. Alias hanya tertarik pada penampilan saja.

Beast

Alias Pangeran Adam. Yes the guy got a real name. Dan dalam situasi Belle dan Beast, sepertinya mereka berdua punya masalah. Beast menjadikan Belle tahanan di rumahnya, sering marah-marah, dan nggak punya teman. Dan Belle? Bisa dibilang dia nggak masalah dengan itu semua. Maybe that’s why they’re perfect for each other. Atau mungkin Belle jatuh cinta karena Beast punya perpustakaan yang super besar.

Aladdin

Jatuh cinta pada Aladdin? Pertama dia suka bohong, kedua dia penipu. He’s not who he says he is. Kecuali kamu memang suka tipe yang seperti itu.

Kapten John Smith

Musuh negara. Berusaha menjajah negaramu. Membawamu pergi ke negaranya dan memperlakukanmu bagaikan piala yang hanya patut dipajang. Not!

Kapten Li Shang

Mulan punya karir yang cukup menjanjikan di militer, tapi dipaksa untuk berhenti karena sang pangeran a.k.a. Kapten Li Shang berkata bahwa perempuan nggak bisa jadi tentara. Sexist!

Pangeran Naveen

Orangtuanya saja mengusir Naveen. Dan itu sebabnya dia pergi ke New Orleans untuk menikah dengan perempuan kaya. Kalau seorang laki-laki hanya mengejar hartamu, hanya ada satu hal yang harus kamu lakukan, run for your life!

Flynn Rider

Nggak terlalu jauh beda dengan Aladdin. Seorang pencuri yang berbohong tentang dirinya sendiri. Dan Rapunzel selalu kerepotan untuk melindungi atau menyelamatkan Flynn.

So, berdasarkan pembahasan di atas, rata-rata ‘pangeran’ nggak punya dasar yang cukup untuk jadi Prince Charming. Mungkin kecuali Phillip. Mungkin satu pesan yang sebenarnya terkandung dalam film Disney adalah, Prince Charming bukan lah landasan untuk mendapatkan hubungan yang sehat dan bahagia. Dan jangan menilai dari tampilan luar saja. Dan perempuan haruslah mandiri.

Bagaimana menurutmu??

0 komentar :

Post a comment

 
Top