Jangan biarkan rokok membuat Anda jadi cepat pikun.

Satu lagi alasan mengapa Anda harus segera berhenti merokok.

Ternyata, hanya dengan merokok, sepertiga memori sehari-hari bisa hilang.
Lalu, jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak merokok, perokok juga lebih banyak kehilangan memori. Hal tersebut merupakan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Northumbria, Inggris.

Dengan melibatkan lebih dari 70 mahasiswa yang berusia 18 hingga 25 tahun, tim peneliti juga menemukan, seseorang yang berhenti merokok bisa mengembalikan memori mereka pada tingkat yang hampir sama dengan seseorang yang tak pernah merokok.

Selama penelitian, para mahasiswa diminta untuk mengingat hal-hal kecil seperti musik yang dimainkan saat acara kemahasiswaan dan tugas lain, yang merupakan tes memori. Hasilnya, mahasiswa perokok hanya mampu mengingat hal-hal kecil dengan presentase 59 persen. Angkat tersebut jauh di bawah hasil tes memori yang berhenti merokok yaitu mencapai 74 persen.

Sedangkan, seseorang yang sama sekali tak pernah merokok hasil tes memorinya mencapai 81 persen. Menurut Doktor Tom Heffernan, yang memimpin penelitian, temuan ini akan sangat berguna untuk kampanye antirokok.

"Penting untuk mengetahui efek dari merokok dalam fungsi kognitif sehari-hari, salah satunya adalah menurunkan kapasitas memori," katanya, seperti dikutip dari Daily Mail.

Penelitian ini dilanjutkan untuk menyelidiki efek pada memori ketika seseorang menjadi perokok pasif. Doktor Heffernan dan Doktorr Terence O'Neill juga akan melihat efek racun dari rokok yang tersisa di tirai dan furnitur.


Sumber : vivanews


0 komentar :

Post a comment

 
Top