Bila si kecil memiliki berat badan di bawah normal atau kurus, maka orangtua sebaiknya memeriksakan anak ke dokter untuk mengetahui apakah ada masalah dengan kesehatannya atau tidak.Mungkin saja setiap orangtua ingin memiliki tubuh yang normal. Tapi keinginan ini kadang tidak terpenuhi karena si kecil susah untuk makan. Berat badan yang normal untuk anak-anak dipengaruhi oleh sejumlah faktor termasuk riwayat prenatal, kelahiran, genetik, etnis, pola makan, tinggi badan, kesehatan secara umum dan perkembangannya.

Beberapa trik untuk mendorong anak agar mau makan dan meningkatkan berat badannya:
Pastikan anak tidak mengemil sebelum waktu makan.
Jika anak mengemil sesaat sebelum makan akan membuatnya kenyang sehingga hanya sedikit makanan yang dikonsumsi. Berilah cemilan setidaknya 2 jam sebelum makan besar, bisa berupa jus buah, yogurt atau puding.

Orangtua sebaiknya memberikan asupan makanan sehat.
Anak-anak yang makan dalam jumlah relatif kecil bisa mengoptimalkan asupan gizinya jika diberikan makanan yang kaya nutrisi dan frekuensinya sering. Bila memungkinkan berikan si kecil buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk susu serta membatasi makanan yang tinggi lemak dan gula.

Memonitor pola makan anak selama seminggu.
Orangtua dapat memonitor pola makan anak selama seminggu untuk mengetahui makanan apa yang dikonsumsi dan yang tidak. Hal ini memungkinkan orangtua untuk memberikan variasi makanan dan tahu nutrisi apa yang kurang pada anak.

Memberikan suplemen multivitamin.
Memberikan tambahan suplemen multivitamin bisa membantu anak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya sampai ia memiliki pola makan yang baik. Sebaiknya orangtua menanyakan ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui multivitamin apa yang penting untuk anak.

Memberikan variasi menu makanan.
Jangan terlalu cepat mengganti menu makanan atau terlalu lama memberikan menu makanan yang sama. Serta buatlah suasana nyaman saat anak makan, dan tak ada salahnya untuk memberi pujian bila anak menyelesaikan makanannya.ak menyelesaikan makanannya.

0 komentar :

Post a comment

 
Top