BSC adalah Pusat Ilmu interaktif yang dirancang untuk semua orang dari segala usia. Pusat Ilmu ini akan mendidik masyarakat dengan ilmu pengetahuan dasar dan teknologi masa depan dimana pengunjung Pusat Ilmu ini akan mencoba sendiri secara interaktif peraga-peraga didalam dan diluar gedung Bandung Science Center ini dengan cara menyentuh, memainkan alat-alat peraga, melihat, melakukan, menganalisa eksperimen-experiment ilmu-ilmu dasar, serta mendengar suara dan aroma dari percobaan kimia dan fisika, disamping melakukan observasi fenomena-fenomena alam, dan mempelajari semua aspek yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi termaju.

Gedung yang digunakan Bandung Science Center memiliki nilai sejarah. Dulu, Presiden I Indonesia Ir Soekarno pernah belajar dansa di sebuah ruangan di bagian bawah gedung tersebut. Gedung BSC yang terlihat tidak terlalu luas dari luar memiliki beberapa lantai ke bawah ruangan. Pengunjung harus melewati tangga untuk menikmati wisata edukasi tersebut. Model atau bentuk bangunannya masih dipertahankan keasliannya hingga sekarang.


 

Bandung akan menjadi daerah pertama di Indonesia bahkan di regional Asia yang memiliki tempat pertunjukan interaktif dan dinamik indoor & outdoor yang mendidik teknologi dan ilmu maju dengan menggabungkan konsep ramah lingkungan dan tetap melestarikan nilai-nilai budaya dan sejarah bangsa.


Metode di BSC itu sendiri adalah dengan Menggunakan peralatan yang didisain khusus, baik berupa alat peraga, peralatan eksperimen,peralatan mekanis, peralatan audio/video, ataupun peralatan sederhana yang digunakan untuk bermain, berinteraksi dan bereksplorasi bertujuan untuk pembelajaran, pemahaman dan pembuktian dari suatu proses belajar terutama buat siswa-siswa sekolah.

Total wahana yang ada di tempat ini berjumlah 15 yang terdiri dari Ruang Bumi (Earth Room), Ruang Perakitan (Assembly Hall), Ruang Audio Visual (Audio Visual Room), Ruang Fisika Dasar (Basic Physics Room), Ruang Fisiologi (Physiology Room), Ruang Robotik (Robotics Room), Ruang Pertunjukan Laser (Laser Show Room), Ruang Nirkabel (Wireless Room), Ruang Geologi (Geologi Room), Ruang Kimia (Chemistry Room), Ruang Astronomi (Astronomy Room), Ruang Ilusi Optik (Optical Illusion Room), Ruang Elektronika (Elektronic Room), Ruang Eksperimen (Experiment Room), Ruang Energi (Energy Room), dan masih akan ada pengembangan wahana edukasi baru lainnya.



Bandung Science Center
Jl. Sirnagalih No.15 Bandung
(Dekat kolam renang Karangsetra)
Phone : (022)-206-0415
Web : www.bsc-edutainment.com

Jam buka 
Selasa - Minggu : 09.00 - 17.00
hari senin : libur.

Harga tiket :
Rp. 45.000 /orang,,  sudah termasuk Tour Guide 

1 komentar :

 
Top