Game atau permainan merupakan jenis hiburan yang paling banyak diminati oleh berbagai kalangan, baik kalangan usia muda maupun dewasa. Saat ini permainan online merupakan jenis permainan yang marak dan populer.

Permainan menyusun balok-balok membentuk menara dengan mengambil balok dari dari bagian bawah atau tengah menara dan meletakkannya di puncak menara secara bergantian tanpa boleh merobohkan menara atau menjatuhkan balok lain

Permainan Uno Stacko yang dibuat oleh mattel ini yang punya nama asli Jenga adalah sebuah permainan dengan cara mengambil balok yang berada di tumpukan bawah atau tengah dan kemudian menaruhnya di tumpukan yang terletak paling atas tanpa menjatuhkan balok-balok yang lain. 

Menariknya, cara main Uno Stacko ini hanya boleh menggunakan satu tangan saja. Tentu, untuk bermain permainan ini dibutuhkan kreativitas dan ketelitian yang tinggi. Bisa dibayangkan bukan, tingkat kesulitannya seperti apa. Belum lagi, tiap balok memiliki aturannya masing-masing. Selain itu, permainan Uno Stacko ini cukup memberikan dampak positif dalam mengasah kreativitas, ketelitian dan kesabaran. Sehingga, cocok dimainkan oleh semua orang. 

Nah, jika Anda sebagai seorang pemula dan ingin mencoba permainan ini, pastinya Anda mencari-cari bagaimana sih cara bermain Uno Stacko itu? 

Cara Memainkan Uno Stacko
Seperti yang telah jelaskan di atas bahwa cara memainkan Uno Stacko ini terbilang cukup sulit dan membutuhkan ketelitian serta kesabaran yang tinggi. Dengan begitu, tentunya permainan ini dinilai cukup positif dan mampu dijadikan sebagai media untuk mengasah kesabaran dan ketelitian. Oleh karena itu, sebelum jauh membahas cara bermain Uno Stacko, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa manfaat memainkan Uno Stacko ini. Pasalnya, selain cara memainkannya yang sederhana, permainan ini juga dikenal mampu memberikan dorongan kreativitas pada kemampuan dan ketrampilan seseorang, seperti ketrampilan kognitif, motorik, logika, dan masih banyak lagi. 

Manfaat Memainkan Uno Stacko
Berikut ini beberapa manfaat memainkan Uno Stacko yang bisa Anda dapatkan :
  • Manfaat memainkan Uno Stacko yang pertama yaitu mampu mendorong kemampuan kognitif seseorang. Di mana dalam hal ini, kemampuan mengingat dan memahami sesuatu dari seseorang akan lebih terasah.
  • Manfaat memainkan Uno Stacko yang ke dua yaitu menunjang kemampuan motorik seseorang. Dalam hal ini, kemampuan motorik dalam mengatur dan mengkoordinasi anggota tubuh, seperti tangan dan otak di mana kedua hal tersebut nantinya akan digunakan untuk memainkan permainan ini.
  • Selain itu, dengan bermain Uno Stacko maka logika atau kemampuan berpikir secara tepat dan teratur seseorang akan lebih terlatih.
  • Manfaat memainkan Uno Stacko yang lain yang bisa didapat, permainan Uno Stacko ini pun juga mampu mendorong kemampuan merasakan dan menjalin hubungan interpersonal mengingat permainan ini bisa dimainkan 2 – 10 orang.
  • Tak hanya itu saja, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bermain Uno Stacko mampu menghasilkan ide sesuai dengan konteks. Dengan kata lain, mampu mendorong kreativitas seseorang.
  • Manfaat memainkan Uno Stacko yang terakhir yaitu mampu melatih kemampuan visual di mana akan mata akan terlatih dalam menangkap bentuk dan warna dari obyek.
Apabila kita cermati secara mendalam, secara umum 6 manfaat memainkan Uno Stacko yang telah dijelaskan di atas memang mampu sangat menunjang atau pun mendorong kemampuan kreativitas dan ketelitian serta kesabaran seseorang dalam menghadapi setiap masalah. Dengan demikian, Uno Stacko ini bisa dibilang merupakan permainan sederhana yang memiliki efek sangat positif bagi seseorang, terutama untuk mengasah kemampuan anak.


Cara Memainkan Uno Stacko
Di bawah ini beberapa panduan cara memainkan Uno Stacko yang bisa Anda pelajari di rumah :
  • Cara bermain Uno Stacko yang pertama yaitu persiapkan terlebih dahulu menara Uno Stacko yang tersedia. Permainan ini bisa dilakukan 2 – 10 pemain.
  • Untuk awal biasanya suit dulu untuk menentukan siapa yang main duluan. 
  • Selanjutnya, pemain pertama harus mengambil sebuah balok dari bagian bawah terlebih dahulu atau tengah menara. Hal ini menjadi titik tolak penting dalam cara main Uno Stacko ini.
  • Jika balok sudah diambil, lalu pemain tadi meletakkannya di bagian atas menara. Pemain berikutnya harus mengambil balok dengan warna yang sama dengan nomor apa saja atau balok dengan angka yang sama dengan warna apa saja. Ini adalah konsep utama dalam cara memainkan Uno Stacko.
  • Cara bermain Uno Stacko yang selanjutnya adalah aturan-aturan khusus balok. 
  • Jika balok yang memiliki tanda ‘reverse’ dipindahkan maka arah permainan dibalik. Sementara itu, jika pada balok ‘draw two’ maka itu berarti salah satu pemain harus memindahkan 2 balok langsung ke atas menara. Balok dengan tanda ‘skip’ merupakan balok yang berbahaya dalam cara main Uno Stacko Pasalnya, balok ini berarti pemain tersebut dilewati oleh pemain berikutnya. Kemudian, ketika balok warna ungu diambil maka pemain tersebut harus menyebutkan warna balok apa yang harus diambil pemain berikutnya.
  • Permainan akan berakhir jika menara roboh. Pemain yang dianggap kalah yaitu pemain yang menyebabkan menara tersebut roboh, boleh kena hukum tuh hehehhe hukuman apa aja sesuai kesepakatan bersama... 

Selamat bermain, dan rasakan sensasinya :D



Sumber :

0 komentar :

Post a Comment

 
Top