Kraton Yogyakarta didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755. Lokasi keraton ini menurut cerita adalah bekas sebuah pesanggarahan yang bernama Garjitawati. Pesanggrahan ini digunakan untuk istirahat iring-iringan jenazah raja-raja Mataram yang akan dikebumikan di Imogiri. Bangunan bersejarah ini merupakan sebuah istana megah yang menjadi singgasana raja-raja Mataram. Meski Yogyakarta telah menjadi salah satu provinsi dalam Republik Indonesia. Sultan Hamengkubuwono X tetap menjadi penguasa dan pemilik gelar Sultan Yogyakarta Sultan Yogyakarta juga merupakan gubernur provinsi istimewa Yogyakarta. Dan hingga kini, Sultan yang bertahta di Keraton Yogyakarta, masih dianggap sebagai kepala budaya di Yogyakarta. Wisata Sejarah Keraton Yogyakarta akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan.


Kraton Yogyakarta berada tepat di sebelah selatan Alun-alun Utara kota Yogyakarta atau hanya berjarak kurang lebih 50 meter dari Jalan Malioboro atau yang kini telah resmi berganti nama menjadi jalan Margo Mulyo yang pada zaman dulu awalnya digunakan sebagai rute upacara dan membentuk sebuah garis lurus yang ditarik dari istana ke Gunung Merapi. Salah satu hal unik di Keraton Yogyakarta, paviliun kompleks Keraton Yogyakarta dibangun menurut kepercayaan kuno dan masing-masing fitur kompleks seperti halaman hingga pohon memiliki arti simbolis khusus berkaitan dengan filsafat Jawa yang luhur. Dan aktivitas kebudayaan di dalam keraton juga masih aktif dilaksanakan, jadi jika Kita berkunjung ke Wisata Sejarah Keraton Yogyakarta, Kita akan disuguhkan dengan sebuah aktivitas yang menarik dan juga unik. Kita dapat melihat barang bersejarah koleksi keraton Yogyakarta dari dekat seperti kereta kencana para raja Yogyakarta pada zaman dahulu, koleksi lukisan, benda pusaka seperti keris, tombak dilengkapi dengan nama-namanya, perangkat musik seperti gamelan dan gong.

Sedangkan untuk fasilitas di area keraton ini adalah: Tempat Parkir Kendaraan, Tempat Ibadah, Penginapan, Tempat Makan, dan Toko Cinderamata dan Oleh-oleh. Wisata Sejarah Keraton Yogyakarta akan memberikan nuansa tersendiri dalam liburan Anda bersama keluarga dan orang-orang tercinta.



Kraton Yogyakarta
 Jl. Rotowijayan 1, 
Yogyakarta 55133, Indonesia
Telp. (0274) 373 721

Jam Buka
Setiap hari pukul 09.00 -14.00 WIB
hari Jumat pukul 09.00 -11.00 WIB

Harga Tiket Masuk
Turis lokal: Rp 7.000,00
Turis mancanegara: Rp. 12.500,-

Kegiatan
Pertunjukan Gamelan pada hari senin dan selasa pukul 10.00-12.00 WIB
Pertunjukan Wayang Kulit pada hari sabtu pukul 09.00-13.00 WIB
Pertunjukan Tarian pada hari minggu dan kamis pukul 19.00-12.00 WIB
Pembacaan Puisi pada hari jum�at pukul 10.00-11.30 WIB
Pertunjukan Wayang Golek pada hari rabu pukul 09.00-12.00 WIB

0 komentar :

Post a Comment

 
Top