Taman Safari adalah tempat berlibur yang menyenagkan untuk segala usia, selain untuk mengisi waktu liburan anda juga bisa menabah pengetahuan tentang jenis – jenis hewan dan habitat yang di buat mirip dengan aslinya yang berasal dari penjuru dunia.

Lokasi Taman Safari Bogor tepatnya terdapat di Desa Cibeureum, wilayah Kecamatan Cisarua, Bogor Jawa Barat. Dengan konsepnya yang seperti hutan belantara dan membiarkan hewan yang ada disana seperti berada pada habitatnya, menjadikan Taman Safari Bogor atau yang lebih dikenal Taman Safari Indonesia (TSI) ini merupakan sebuah wahana wisata yang sangat menarik dan patut untuk dikunjungi oleh Anda dan keluarga saat liburan tiba.

Taman Safari Indonesia di Bogor ini dibangun oleh pemerintah pada tahun 1980 pada sebuah areal perkebunan teh yang cukup luas namun sudah tidak produktif lagi. Taman Safari Bogor juga merupakan penyangga Taman Nasional yang berlokasi di wilayah Gunung Gede Pangrango. Dengan letak strategisnya yang berada pada di ketinggian 900 hingga 1800 m di atas permukaan laut membuat suhu udara disini cukup sejuk, rata-rata suhunya sekitar 16 hingga 24 derajat Celsius.

Sangat menyenangkan saat kita melakukan perjalanan wisata ke belantara Taman Safari Bogor ini, apalagi bersama anak-anak, mereka akan heboh tunjuk sana dan sini melihat berbagai binatang dari dekat. Jelas saja, karena Taman Safari Bogor di Cisarua ini mempunyai koleksi berbagai jenis satwa hampir dari seluruh penjuru dunia. Ada lebih dari 2.500 macam hewan dengan ratusan jenis spesies yang hingga saat ini dilestarikan di Taman Safari Bogor.

Saat pertama kali memasuki lokasi objek wisata Taman Safari Bogor ini, Anda dan keluarga akan melihat berbagai pepohonan yang besar dan rindang serta merasakan sejuknya udara yang dingin khas pegunungan. Dengan berkeliling menggunakan mobil bersama keluarga, Anda akan memasuki tempat berbagai habitat hewan baik yang jinak maupun liar. Ada rambu-rambu yang harus Anda patuhi disana agar tetap aman dan nyaman saat melakukan kunjungan wisata ke belantara Taman Safari Bogor. Misalnya larangan untuk keluar dari dalam mobil atau membuka pintu serta jendela saat memasuki wilayah hewan buas seperti harimau, tidak boleh membunyikan klakson dan lain-lain.

Setelah berkeliling melihat binatang dengan konsep belantaranya, Anda juga bisa menikmati berbagai wahana wisata dan fasilitas yang ada disini. Misalnya ada baby zoo, kincir raksasa, gajah tunggang, bus safari, danau buatan, sepeda air, kano, ada juga kolam renang yang dilengkapi dengan seluncur ombak, kereta api mini yang berkeliling melintasi perkampungan dengan nuansa Afrika, bom bom car, rumah setan, taman burung, kuda tunggang, komedi putar, children’s play ground, pentas sirkus, gocar, ada juga panggung terbuka bernama Balai Ruyung Safari yang menampilkan kesenian tradisional juga sulap, safari trek, wild-wild west, caravan & hotel.





Ada beberapa wahana di Taman Safari Bogor diantaranya adalah:
1.Atraksi Gajah Sumatera
Anda tidak perlu jauh-jauh ke Way Kambas Lampung untuk menyaksikan pertunjukan gajah. Taman Safari Indonesia menyajikan pertunjukan gajah yang tidak kalah serunya. Sama seperti pertunjukan aneka satwa, atraksi Gajah Sumatera ini juga dikemas secara teaterikal yang penuh berbagai informasi mengenai kehidupan Gajah Sumatera di habitat aslinya.

2.Atraksi Harimau
Salah satu pertunjukan yang penuh sesak. Ruang penonton yang terbatas sehingga banyak yang berniat menyaksikan pertunjukan ini tidak kebagian tempat duduk. Menyajikan atraksi dari harimau sumatera yang bermain bersama tiga orang pawangnya. Pertunjukan ini tidak dikemas secara teaterikal. Walaupun demikian nuansa informasi dan pesan konservasi tetap diberikan.

3.Pertunjukan Singa Laut
Pertunjukan Singa Laut Taman Safari Indonesia hampir mirip-mirip dengan pertunjukan singa laut di Ancol yaitu menyajikan kemampuan Singa Laut untuk bertepuk tangan, berbalik, bermain bola dan melompat sesuai dengan instruksi yang diberikan pawangnya. Tempat pertunjukan singa laut cukup nyaman dengan beragam atraksi yang menarik.

4.Bird of Prey
Pertunjukan kemampuan burung pemangsa yang ada di Taman Safari Indonesia. Pertunjukan ini akan memperlihatkan kemampuan untuk hinggap ke penonton yang bersedia untuk tampil.

5.Dolphin Show

Pertunjukan lumba-lumba Taman Safari hampir mirip dengan pertunjukan lumba-lumba yang  ada di Gelanggang Samudera Ancol, hanya saja bedanya, kolam lumba-lumba yang ada di Taman Safari tidak seluas yang ada di Gelanggang Samudera. Pertunjukannya mirip-mirip. Hanya saja dekorasi panggung yang ada di Taman Safari menurut saya lebih baik.

Bagian depan panggung dibuat seperti kapal. Tampak aneka binatang ada di kapal besar itu. Ini mengingatkan kita akan pentingnya penyelamatan satwa. Mirip dengan kisah bagaimana ketika banjir besar datang dan binatang-binatang ikut dinaikkan ke atas kapal.

6.Safari Teater
Selain menyaksikan berbagai pertunjukan satwa, di Taman Safari Indonesia anda juga bisa menyaksikan pertunjukan akrobatik yang dipadukan dengan tata cahaya yang cukup baik.

7.Cowboy Show
Pertunjukan stunt man yang cukup menawan karena juga dipadukan dengan penampilan aneka-aneka satwa Taman Safari Indonesia yang berasal dari benua Amerika. Wahana ini merupakan sebuah pertunjukan yang dilakukan di dalam sebuah arena yang disetting dengan nuansa koboi, disini disajikan berbagai atraksi koboi dengan sound effect yang keren. Anda dapat menyaksikan pertunjukan di Wild-Wild West ini secara gratis setiap hari pada jam dua siang.


8.Globe of Death
Sebuah pertunjukan akrobatik. Sekilas menurut saya mirip dengan atraksi tong edan yang berupa pengendara motor yang berputar-putar di sebuah tong besar. Cm bedanya, di globe of death pemain akrobatik berputar-putar di sebuah tempat berbentuk globe.


Ada dua jenis wisata di objek wisata Taman Safari Bogor yang bisa Anda nikmati, yaitu safari siang dan safari malam. Safari siang buka dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Sedangkan jika Anda ingin sensasi yang berbeda, bisa menggunakan Safari Night mulai jam 7 hingga 9 malam.



Taman Safari Bogor
Jl. Raya Taman Safari, 
Cisarua Puncak - Bogor
Phone: 0251-8250000 
Fax.: 0251-8250555 
Website: www.tamansafari.com

Jam Operasional
Hari Biasa (Senin sampai Jum’at)
Hari Sabtu & Minggu Libur nasional

Tiket :
1. Hari Biasa (Senin sampai Jum’at)
Dewasa : Rp. 120.000
Anak anak s.d 5 tahun : Rp. 115.000
2. Hari Sabtu & Minggu Libur nasional
De-wasa : Rp. 125.000
Anak anak s.d 5 tahun : Rp. 120.000

1 komentar :

  1. Terimakasih Informasinya
    taman safari memang cocok untuk wiasata edukasi
    semoga taman safari bogor semakin banyak pengunjungnya
    Love Bogor

    ReplyDelete

 
Top