CMS atau Content management system adalah suatu alat untuk memudahkan kita mengolah suatu konten, CMS digunakan untuk mempermudah pembuat dalam mengolah websitenya ada bermacam-macam CMS yang biasa digunakan ada Blogger, Wordpress, Joomla, Drupal dll. Lalu bagaimana cara kita mengetahui CMS suatu situs ? Caranya yaitu dengan menebak, bisa menebak dari link web, tampilan, dll. 



Untuk memudahkan kita juga bisa kunjungi website untuk mengetahui CMS dan Versinya
Masukkan situs yang ingin kita ketahui CMS nya lalu klik guess, seperti berikut:

Anda juga dapat menemukan cms, framework atau technoogy dari situs apapun dengan menggunakan fasilitas pada www.builtwith.com . Website ini akan memberikan rincian lengkap dari sebuah situs. Selain itu website ini juga memberikan Anda kesempatan untuk mencari situs serupa yang dibangun di atas kerangka yang sama. Tapi, untuk itu Anda diharuskan untuk membayar.

Ada beberapa website pendeteksi cms lain yang juga tidak kalah hebat, seperti:

2.      http://whatcms.org/
wappalyzer (firefox dan chrome)
Dengan Ekstensi ini kita dapat mengetahui jenis CMS, web servers, JavaScript framework dan lain sebagainya. Ekstensi ini bisa dipasang di mozilla dan Chrome.


Chrome Sniffer (untuk chrome)
Ekstensi ini dapat mendeteksi lebih dari 100 CMS yang populer, dan akan terus bertambah seiring dengan keluarnya versi - versi baru. Ekstensi ini hanya untuk browser Chrome.

0 komentar :

Post a Comment

 
Top