Lego adalah suatu jenis permainan yang terdiri dari berbagai macam potongan aneka bentuk bangun ruang seperti balok, prisma ataupun tabung yang memiliki suatu sistem knock-down pada salah satu sisinya sehingga bisa dibongkar dan dipasangkan kembali. Permainan lego ini dapat disusun dan disatukan antar bagian agar terbentuk suatu bangun ruang yang variatif. Terdapat banyak sekali jenis permainan lego yang beredar di pasaran, mulai dari yang berharga relatif murah hingga yang berharga relatif mahal tergantung dari mutu bahan dan jumlah potongan lego. Permainan lego ini ternyata 

Walau pada dasarnya dapat dimainkan oleh segala usia, namun Lego memiliki klasifikasi umur. Kita dapat memilih Lego dan disesuaikan dengan umur anak. Terdapat beragam manfaat dari permainan lego, antara lain:

1.  Memacu kreativitas.
Anak dirangsang untuk mengembangkan daya cipta, imajinasi, dan kreativitasnya. Anak juga dapat mengembangkan ide-ide dalam mewujudkan kreasinya atau bertukar ide jika dimainkan secara bersama. Selain itu, dapat juga menumbuhkan rasa seni, seni untuk menciptakan sesuatu.

2.   Menumbuhkan rasa seni
Anak dapat mengasah rasa seninya, misal seni dalam menciptakan suatu karya bangunan yang tersusun dari balok-balok plastik. Siapa tahu, sang anak berniat untuk menjadi arsitek kelak kemudian hari.
3.    Melatih kesabaran
Anak dilatih untuk memiliki kesabaran dalam menyusun satu persatu balok yang ada.
4.   Melatih kejelian
Anak belajar untuk melatih kejelian dalam membangun suatu bentuk bangunan yang rumit. Dibutuhkan pula kejelian dalam memilih warna maupun bentuk.

5.   Mengasah bakat
Ketika bermain lego, secara tidak sadar, tengah melatih bakat anak. ,misal mengasah bakat anak untuk menjadi seorang arsitek atau ahli perencana kota sebagai bekal di hari tua nanti.

6.   Belajar berkomunikasi & berbagi ide
Jika permainan dilakukan bersama, anak dapat belajar berkomunikasi dan saling berbagi ide sehingga hasilnya lebih memuaskan





1 komentar :

 
Top