Apa Sih Google Cendikia alias Google Scholar ? Apabedanya dengan Google searching biasa? Secara prinsip google cendikia atau Google Scholar dikhususkan menyediakan cara yang mudah untuk mencari literatur secara luas.

Bagi mahasiswa dan dosen, jurnal ilmiah merupakan referensi utama karena Jurnal Ilmiah adalah publikasi hasil-hasil penelitian/riset atau kajian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
Di berbagai perguruan tinggi sekarang Jurnal Ilmiah menjadi referensi ilmiah utama selain buku-buku referensi. Terkadang para browser agak kesulitan mencari karya ilmiah dalam jurnal ilmiah, karena jurnal-jurnal Ilmiah terkemuka umumnya diportal dan berbayar.
Namun sekarang ini di era keterbukaan, sudah menjadi kesepakatan bersama bahwa semua perguruan tinggi di dunia mempublikasikan karya ilmiahnya dalam portal yang free dan dapat diakses oleh semua pengguna internet.

Google Cendekia menyediakan cara yang mudah untuk mencari literatur akademis secara luas. Anda dapat mencari di seluruh bidang ilmu dan referensi dari satu tempat: makalah peer-reviewed, thesis, buku, abstrak, dan artikel, dari penerbit akademis, komunitas profesional, pusat data pracetak, universitas, dan organisasi akademis lainnya. Google Cendekia akan membantu Anda mengidentifikasi penelitian paling relevan dari seluruh penelitian akademis.Google Scholar atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Google Cendekia memiliki fitur diantaranya : 
  • Dapat mencari  berbagai sumber dari satu tempat yang praktis
  • Dapat menemukan Artikel, Tesis, Buku, Karya Abstrak ataupun Pendapat Hukum. 
  • Dapat menempatkan Dokumen yang lengkap melalui Perpustakaan dan Web. 
  • Pelajari makalah penting dalam bidang penelitian apapun
Untuk mengetahui kalian dapat mengklik LINK di bawah ini tentang Google Cendikia/Google Scholar :

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba....

0 komentar :

Post a comment

 
Top